Rabu 12 Oct 2022 18:55 WIB

Dosen Pembimbing UMP Dapat Pelatihan Bantuan Psikologis

Hal ini guna meningkatkan kedekatan dosen pembimbing dan mahasiswa.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Gedung kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)
Foto: UMP
Gedung kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Student Advisory & Training Center (SATC) menggelar pelatihan bantuan psikologis para dosen pembimbing akademik guna meningkatkan kedekatan antara mahasiswa dengan dosen pembimbing akademik (DPA) di Aula Syamsuhadi Irsyad.

Wakil Rektor III UMP Bidang Kemahasiswaan dan AIK, Akhmad Darmawan menyampaikan, agar para peserta menjadi dosen pembimbing yang mampu menjadi teman bukan sekadar mengarahkan.

"Tidak mudah menjadi dosen pembimbing akademik karena tidak sekadar mengarahkan tentang akademik melainkan kita harus menjadi teman, orangtua, dan mampu mengarahkan dari hati ke hati," kata Akhmad.

Sementara itu, Dr Ugung Dwi Aryo Wibowo, selaku pembicara menyampaikan dosen harus menerapkan tiga poin utama, yaitu Look, Listen, Link.

"Point utama yang harus dipahami ada Look yaitu kita harus bisa mengamati dan melihat sekitar, Listen kita harus bisa mendengar apa yang mereka rasakan dan butuhkan kemudian yang terakhir Link yaitu menyalurkan atau mengubah dengan apa yang mereka butuhkan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement