Rabu 12 Oct 2022 23:12 WIB

Bupati Mojokerto Pantau Pembangunan Sumur Resapan Wilayah Industri

Ada empat titik lokasi pembangunan sumur resapan air.

Bupati Mojokerto Pantau Pembangunan Sumur Resapan Wilayah Industri (ilustrasi).
Foto: Silvy Dian Setiawan.
Bupati Mojokerto Pantau Pembangunan Sumur Resapan Wilayah Industri (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MOJOKERTO -- Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di dampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto Zaqqi meninjau pembangunan sumur resapan air (SRA) atau drainase vertikal pada titik lokasi di wilayah Ngoro Industrial Park (NIP), Rabu (12/10/2022).

"Peninjauan sumur resapan air itu dilakukan untuk memastikan kesiapan dalam menampung, menyimpan dan menambah cadangan air tanah serta untuk mengendalikan aliran permukaan (run-off) sebagai upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim," ujar Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati.

Baca Juga

Ia mengatakan ada empat titik lokasi pembangunan sumur resapan air yang yang ditinjau yakni lokasi pertama sumur resapan air yang terletak di halaman PTKing Halim Jewelry, PT Sinosura Fat Chemistry Indonesia, PTIndo World Warehouse, dan PTIndonesia Tri Sembilan.

Ia mengatakan pembangunan SRA ini tertuang dalam Perbup 13/2015 Pasal 2 yang bertujuan menampung, menyimpan dan menambah cadangan air tanah, serta mengendalikan aliran permukaan (run-off) sebagai upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. "Jadi sumur resapan air ini salah satu teknik rekayasa konservasi air berupa bangunan menyerupai sumur gali dengan kedalaman tertentu untuk menampung air hujan bermanfaat mengurangi aliran permukaan dan mempertahankan bahkan meninggikan muka air tanah," katanya.

Ia mengatakan persyaratan pembangunan SRA yaitu jauh dari tempat penimbunan sampah atau septic tank, dengan jarak minimal limameter dan minimal satumeter dari fondasi bangunan, serta jarak dari sumur air bersih minimal tigameter.

"Untuk tanah berpasir maksimal duameter di bawah permukaan air tanah dan kedalaman muka air tanah minimum 1,5 meter saat musim hujan. Permeabilitas atau kemampuan tanah menyerap air lebih dari atau sama dengan 20 persen," ujarnya.

Usai meninjau SRA di kawasan NIP, Bupati Ikfina beserta rombongan berlanjut meninjau proyek perbaikan tanggul pada sungai avour Sumberwaru, Desa Kembangsri. Penggarapan tanggul sungai tersebut menjadi atensi Pemkab Mojokerto untuk antisipasi bencana banjir jelang musim hujan Oktober 2022.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement