Jumat 14 Oct 2022 20:04 WIB

Daop 5 Purwokerto Lakukan 237 Penertiban Aset KAI

Kegiatan penertiban dilaksanakan dengan dukungan aparat kewilayahan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Penertiban aset KAI Daop 5 Purwokerto.
Foto: Dok. KAI Daop 5 Purwokerto
Penertiban aset KAI Daop 5 Purwokerto.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Penyelamatan dan penjagaan aset perusahaan menjadi salah satu fokus kegiatan PT KAI saat ini. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga dan mengamankan aset negara dari pihak lain yang tidak memiliki hak atas aset negara tersebut.

Vice President Daop 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat menjelaskan, saat ini KAI juga terus menggenjot optimalisasi pemanfaatan potensial aset sehingga tidak hanya mengandalkan dari bisnis angkutan penumpang dan barang saja. Optimalisasi potensial aset merupakan bentuk adaptasi KAI di tengah pandemi Covid-19.

"Kami menyadari aset KAI yang tersebar khususnya di wilayah Daop 5 Purwokerto dapat lebih bernilai guna sehingga penting untuk diberdayakan. Untuk itu, Daop 5 Purwokerto sangat concern dalam menerapkan tata kelola perusahaan dalam hal menertibkan aset-aset perseroan yang tersebar di wilayah Daop 5,” jelas Daniel.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Unit Penjagaan Aset Daop 5 hingga Oktober  2022 telah dilaksanakan sebanyak 237 penertiban dengan total luas tanah 29.475 m2 dan luas bangunan 9.840 m2.

Adapun rincian penertiban tersebut adalah 60 rumah perusahaan dengan aset tanah seluas 12.328 m2 dan luas bangunan 3.450 m2, 29 lahan aset bermasalah dengan luas tanah 9.915 m2, 140 bangunan liar dengan luas tanah 6.190 m2 dan luas bangunan 6.088 m2, empat titik untuk penertiban kabel utilitas serta di luar program telah dilaksanakan pula penertiban untuk empat rumah perusahaan dengan luas tanah 1.042 m2 dengan luas bangunan 302 m2.

Daniel menambahkan, alasan dilaksanakannya penertiban di antaranya karena adanya pendudukan aset oleh pihak-pihak yang tidak berhak dalam kurun waktu yang lama bahkan berkeinginan untuk menguasai dan pemanfaatan lahan aset dengan mengabaikan administrasi yang telah ditetapkan oleh KAI.

Untuk proses penertiban, KAI melakukan sesuai dengan SOP dan aturan yang berlaku. Pelaksanaan kegiatan penertiban pun dilaksanakan dengan dukungan aparat kewilayahan setempat baik itu TNI dan Polri yang ikut hadir pada kegiatan penertiban.

"Tidak ada tindakan anarkis, perampasan barang atau intimidasi terhadap warga, proses penertiban lahan milik KAI sudah memenuhi prosedur yang berlaku," tegas Daniel.

Menurutnya, setiap kali akan dilaksanakan penertiban, KAI melakukan upaya persuasif kepada pemakai lahan melalui sosialisasi secara langsung sekaligus menyampaikan pemberitahuan kepada masyarakat pengguna lahan aset yang akan ditertibkan dengan tembusan surat kepada aparat kewilayahan terkait. KAI selalu membuka ruang komunikasi kepada warga di lokasi-lokasi penertiban tersebut.

"KAI sangat menghormati hukum yang berlaku di negara ini, sehingga untuk penyelamatan aset dilaksanakan melalui jalur litigasi maupun non-litigasi. KAI akan terus melakukan upaya penataan aset yang dikelolanya, untuk  menjaga keselamatan aset negara," ujarnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement