Rabu 19 Oct 2022 17:33 WIB

JHF#2 Momentum Kebangkitan Pelaku Ekonomi Syariah Pascapandemi

Nantinya acara tersebut bukan hanya diisi kegiatan jual beli.

Rep: my43/ Red: Yusuf Assidiq
 Ketua Panitia IHEX, Dr Bima, Ketua MES DIY, Heroe Poerwadi, dan Ketua Panitia JHF#2, Sarwi Peni Wulandaru, dalam konferensi pers Jogja Halal Fest 2022.
Foto: Novientyaga Sekar
Ketua Panitia IHEX, Dr Bima, Ketua MES DIY, Heroe Poerwadi, dan Ketua Panitia JHF#2, Sarwi Peni Wulandaru, dalam konferensi pers Jogja Halal Fest 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Indonesia menjadi negara dengan konsumen makanan halal paling tinggi sedunia. Hal tersebut yang membuat Masyarakat Ekonomi Syariah Daerah Istimewa Yogyakarta (MES DIY) mengadakan Jogja Halal Fest 2022 (JHF#2) agar Indonesia juga dapat menjadi produsen makanan halal.

"Ekonomi halal menjadi tren di Indonesia, yang membuat konsumsi makanan halal paling tinggi," ujar Ketua MES DIY, Heroe Poerwadi, pada konferensi pers JHF#2, Rabu (19/10/2022).

Ia mengatakan, setelah pandemi maka sistem produksi harus ditata kelola kembali. Di mana nantinya dapat membantu pelaku ekonomi terutama pelaku ekonomi syariah, untuk dapat memperbaiki dan bangkit kembali.

Heroe menjelaskan, nantinya acara tersebut bukan hanya diisi kegiatan jual beli, namun juga untuk membentuk ekosistem, agar sesama pelaku ekonomi syariah dapat saling memproduksi dengan lebih baik.

 

"Dalam JHF#2 ini, pelaku ekonomi bertemu sehingga perlahan dapat membuat efisiensi ekspor halal Indonesia meningkat," lanjutnya dalam acara yang diselenggarakan di Tasneem Convention Hotel, Yogyakarta tersebut.

JHF#2 akan dilaksanakan di Jogja Expo Center pada 3-6 November 2022 mendatang. Di mana akan menghadirkan 14 jenis sektor usaha, di antaranya kosmetik, edukasi, makanan, media, industri, dan masih banyak lagi.

"Dari 350 stan yang ditawarkan, hingga saat ini telah terisi hampir 90 persen," ujar Ketua Panitia JHF#2, Sarwi Peni Wulandaru. Ia berharap stan yang disediakan dapat diisi penuh oleh pemilik usaha agar semakin banyak peminat yang akan datang.

Antusiasme pelaku ekonomi syariah tersebut, membuat penyelenggara Jogja Halal Fest #2 menargetkan akan ada 50 ribu lebih pengunjung yang akan datang. Perkiraan tersebut dilihat dari Jogja Halal Fest #1 yang telah dilaksanakan pada 2018 dan mampu menarik 35 ribu pengunjung.

Sejumlah acara juga akan memeriahkan Jogja Halal Fest 2022 ini, seperti jalan sehat, talkshow, dan sebagainya. Kemudian literasi edukasi yang diberikan untuk berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua.

Tentunya topik yang diberikan sesuai dengan kalangan usia yang telah dibagi. Selain antusiasme dari pelaku ekonomi dalam negeri, acara JHF#2 kali ini menarik beberapa pelaku ekonomi syariah dari luar negeri, seperti Malaysia dan beberapa negara lainnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement