Ahad 23 Oct 2022 12:04 WIB

Sebanyak 1.500 Santri Ikuti Upacara Bendera di Sleman

Santri harus mampu mengikuti perkembangan teknologi.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Lapangan Denggung, Sleman.
Foto: Dokumen
Peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Lapangan Denggung, Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemkab Sleman, DIY, menggelar upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Lapangan Denggung. Sebanyak 1.500 santri yang berasal dari 39 pondok pesantren dan sekolah madrasah mengikuti upacara bendera ini.

Upacara diisi pula pemberian penghargaan. Pada kegiatan ini, Bupati Sleman, Kustini Purnomo, bertindak sebagai inspektur upacara. Turut hadir Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, serta kepala-kepala OPD di lingkungan Pemkab Sleman.

Dalam amanatnya, Kustini mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional merupakan momentum untuk mengingatkan akan peran santri dalam setiap fase perjalanan bangsa Indonesia. Yang mana, dilakukan sejak zaman penjajahan sampai saat ini.

Peringatan Hari Santri Nasional 2022 mengusung tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan. Tema ini memiliki maksud yaitu santri dalam perjalanan sejarahnya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan bangsa dan negara Indonesia.

"Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakang siap sedia mendarmabaktikan tenaga, pikiran, kemampuan, dan hidup secara maksimal untuk bangsa dan negara," kata Kustini.

Pada kesempatan itu, Kustini turut mengajak santri-santri yang ada di Sleman untuk mampu dan mau mengambil peran sebagai agen perubahan di masyarakat. Sekaligus, menjadi panutan bagi masyarakat untuk berubah menjadi lebih baik.

"Tunjukkanlah bahwasanya Islam itu agama yang rahmatan lil alamin, tidak anti terhadap perubahan zaman, sepanjang perubahan itu tidak bertentangan syariat Islam," ujar Kustini.

Apalagi, dengan pesatnya kemajuan teknologi dan perubahan zaman sekarang yang tidak dapat dihindari lagi. Santri harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dan menjaga agar kemajuan dan perkembangan itu tetap sesuai nilai-nilai Islami.

Dalam peringatan Hari Santri Nasional 2022 di  Sleman terdapat berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan. Antara lain lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan, kepemudaan, dan keistimewaan yang digelar 17 Oktober 2022.

Kemudian, Festival Hadrah pada 20 Oktober 2022 dan Lomba Karnaval yang digelar bersama pelaksanaan upacara bendera Hari Santri Nasional. Rangkaian peringatan Hari Santri Nasional 2022 diakhiri resepsi Hari Santri di Pendopo Parasamya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement