Ahad 23 Oct 2022 15:09 WIB

Sleman Tetapkan Oktober Jadi Bulan Ekonomi Kreatif

Pengembangan 17 sub-sektor ekonomi kreatif dari pelaku ekonomi kreatif.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
Sleman Tetapkan Oktober Jadi Bulan Ekonomi Kreatif (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho
Sleman Tetapkan Oktober Jadi Bulan Ekonomi Kreatif (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Purnomo, membuka Sleman Creative Week #2 2022. Pembukaan acara ini dilakukan dengan pemukulan gong dan pemotongan pita sebagai tanda dimulainya kegiatan di Sleman Creative Space, Taman Kuliner Condongcatur.

Sleman Creative Week #2 kali ini merupakan kolaborasi dari Pemkab Sleman melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dan Sleman Creative Community. Untuk kegiatan tahun ini, Sleman Creative Week #2 mengusung tema Living Collaborative Culture.

Bertepatan pembukaan Sleman Creative Week, Pemkab Sleman turut mencanangkan Oktober sebagai Bulan Ekonomi Kreatif Kabupaten Sleman. Hal ini sudah dituangkan melalui SK Bupati Sleman Nomor 72 Tahun 2022 tentang Bulan Ekonomi Kreatif.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid menilai, Sleman Creative Week #2 merupakan wujud fasilitasi unjuk potensi. Serta, pengembangan 17 sub-sektor ekonomi kreatif dari pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman.

Ishadi berharap, melalui Sleman Creative Week #2 ini tidak cuma dapat menjadi inisiasi dalam pencanangan bulan Oktober sebagai Bulan Ekonomi Kreatif. Tapi, mampu mewadahi potensi-potensi ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Sleman.

"Kami terus melakukan upaya-upaya mendorong perkembangan ekonomi melalui ekonomi kreatif dengan dicanangkannya Oktober sebagai Bulan Ekonomi Kreatif. Pencanangan ini jadi momen tumbuhnya perekonomian karena ekonomi kreatif sektor potensial," kata Ishadi, Sabtu (22/10).

Ini jadi ruang temu pegiat ekonomi kreatif di Sleman dan sekitarnya mewujudkan kelembagaan dan kemitraan ekonomi kreatif. Dalam rangka membangun sinergi untuk kembangkan industri kreatif, terutama sebagai usaha pemulihan kondisi ekonomi.

Sleman Creative Week #2 dimulai Pesta Boneka pada 3-9 Oktober di Kampung Media dan Desa Wisata Kelor. Lalu, Sleman Creative Week 21-23 Oktober 2022 di Sleman Creative Space. Kegiatan diisi pula enam lokakarya menghadirkan pelaku kreatif.

Selain itu, pameran produk yang diikuti 26 pelaku ekonomi kreatif dan 13 grup kesenian. Sleman Creative Week #2 akan ditutup 23 Oktober 2022 lewat Bedog Arts Festival yang digelar di Studio Banjarmili dengan tema Memayu Hayuning Sukma.

Dalam sambutannya, Bupati Sleman, Kustini Purnomo, turut hadir dan menyambut baik inisiasi Sleman Creative Week #2 tersebut. Serta, mendukung terwujudnya masyarakat Kabupaten Sleman yang mampu sejahtera melalui kemandirian ekonomi.

Kustini berharap, melalui kegiatan ini dapat mengangkat potensi, produktivitas dan kapasitas pelaku-pelaku ekonomi kreatif di Sleman. Selain itu, ia berharap, melalui Sleman Creative Week #2 dapat menciptakan pula ekosistem yang kondusif.

"Kondusif bagi peningkatan kreativitas masyarakat serta dapat berdampak kepada peningkatan ekonomi makro di Sleman," ujar Kustini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement