Senin 24 Oct 2022 23:51 WIB

Lansia Diajak Peduli Lingkungan Hidup

Tim PPM UAD juga menyerahkan bibit tanaman buah-buahan kepada perwakilan peserta.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin
Lansia Diajak Peduli Lingkungan Hidup. Universitas Ahmad Dahlan (UAD).
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Lansia Diajak Peduli Lingkungan Hidup. Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Civitas akademik Universitas Ahmad Dahlan (UAD) memberikan model lingkungan hidup kepada lansia di Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari Program Pengabdian Masyarakat (PPM) dengan mengajak lansia untuk lebih peduli kepada lingkungan hidup.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UAD. Pendidikan lingkungan hidup ini diikuti tujuh kelurahan di kecamatan tersebut.

Baca Juga

"Kegiatan ini dilakukan secara bertahap pada Juli sampai Oktober 2022 dan diikuti oleh tujuh kelurahan di kecamatan setempat, tiap kelurahan diwakili oleh tiga lansia," kata Ketua Tim PPM, Indah Nur Shanty Saleh belum lama ini.

Indah mengatakan, materi pendidikan lingkungan hidup diberikan kepada para lansia sesuai dengan kapasitas dan tingkatan usia. Dengan metode internalisasi yang tepat, katanya, diharapkan mampu memberikan hasil terbaik bagi peningkatan kapasitas lansia dalam melaksanakan peran sebagai warga negara di ranah perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

"Bersama pemerintah dan unsur masyarakat lainnya, diharapkan mereka dapat lebih berdaya untuk mewujudkan lingkungan hidup yang baik dan sehat, khususnya di wilayah Umbulharjo," ujar Indah.

Indah juga menyebut bahwa kerja sama dalam bentuk pengabdian antara FH UAD dengan Kecamatan Umbulharjo ini perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. "Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman para lansia terkait lingkungan hidup, problematikanya, dan pentingnya penegakan hukum," jelasnya.

Camat Umbulharjo, Rajwan Taufiq juga menyambut baik kerja sama yang dilakukan oleh Tim PPM UAD tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam rangka mengelola lingkungan hidup menjadi lebih baik.

"Semoga kerja sama ini bisa terus berlanjut di kemudian hari dan semua pihak dapat selalu bersinergi dengan masyarakat," kata Rajwan.

Selain penyampaian materi, Tim PPM UAD juga menyerahkan bibit tanaman buah-buahan kepada perwakilan peserta dari masing-masing kelurahan. Bibit tersebut diharapkan dapat ditanam dan memberikan manfaat bagi kelestarian lingkungan hidup.

Tim PPM UAD juga melakukan kunjungan ke bank sampah yang dikelola oleh salah satu peserta. Kunjungan ke bank sampah ini disebutkan sebagai wujud aksi nyata peduli terhadap lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement