Selasa 25 Oct 2022 13:07 WIB

Unik, UMY Tawarkan Program Magang Sambil Umroh

FAI UMY mengajak mahasiswa untuk menjadi guru di Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
Unik, UMY Tawarkan Program Magang Sambil Umroh. Kampus UMY.
Foto: Yusuf Assidiq
Unik, UMY Tawarkan Program Magang Sambil Umroh. Kampus UMY.

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendorong mahasiswanya untuk menambah ilmu dan pengalaman dengan mengadakan program internasionalisasi. Hal ini merupakan salah satu usaha demi mewujudkan mahasiswa yang muda mendunia.

Selain pertukaran mahasiswa, magang menjadi salah satu cara bagi mahasiswa untuk bisa pergi ke luar negeri. Berbagai fakultas UMY membuka banyak program magang internasional bagi mahasiswa, salah satunya adalah Fakultas Agama Islam (FAI).

Baca Juga

Kali ini, FAI UMY mengajak mahasiswa untuk menjadi guru di Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah. Dengan program magang internasional ini, FAI UMY bersama Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah mengadakan sosialisasi bagi mahasiswa FAI.

Pada kesempatan itu, Kepala Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah, Sutikno turut menjelaskan skema yang dapat diambil mahasiswa FAI UMY jika ingin melaksanakan magang di sekolah itu. Ia menilai, mahasiswa bisa mendapatkan manfaat berlipat.

Sebab, bukan cuma dari segi akademis, mahasiswa sekaligus bisa melaksanakan ibadah umrah di sana. Dengan melakukan magang ke luar negeri, ia menekankan, mahasiswa akan mendapat pengalaman yang tidak bisa didapatkan di Indonesia.

"Karena kalian akan magang di Arab Saudi, kalian dapat belajar Bahasa Arab yang memang digunakan sehari-hari masyarakat di sana. Mahasiswa juga bisa sekaligus melaksanakan ibadah umrah, bahkan hingga berkali-kali," kata Sutikno, Selasa (25/10).

Ia menekankan, kesempatan untuk magang di Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah sangat terbuka. Tentu, jika memiliki latar belakang pendidikan sesuai yang ada di Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah. Berbagai jenjang pendidikan disediakan.

"Ada TK, SD, SMP hingga SMA dalam satu gedung yang sama. Jadi, memang menggunakan konsep sekolah satu atap," ujar Sutikno.

Sebagai bentuk peresmian kerjasama FAI UMY, Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA). Dilakukan Dekan FAI, Dr Syakir Jamaludin maupun Kepala Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah, Sutikno.

Wakil Dekan Bagian Akademik dan Kemahasiswaan FAI, Twediana Hapsari menambahkan, FAI UMY sudah merencanakan cukup lama merencanakan kerja sama Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah. Sehingga, mahasiswa dapat magang internasional di Arab Saudi.

"Semoga adanya kerja sama dengan Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah dapat menjadi solusi bagi mahasiswa untuk bisa magang di Arab Saudi," kata Twediana. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement