Rabu 26 Oct 2022 22:46 WIB

Surakarta Bangkitkan Semangat Sumpah Pemuda Lewat Rhapsody Nusantara

Konser yang bakal dihadiri kurang lebih 1.000 penonton ini tersedia secara gratis.

Surakarta Bangkitkan Semangat Sumpah Pemuda Lewat Rhapsody Nusantara (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho
Surakarta Bangkitkan Semangat Sumpah Pemuda Lewat Rhapsody Nusantara (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Pemerintah Kota Surakarta bersinergi dengan Bank Jateng membangkitkan kembali semangat dan nilai-nilai Sumpah Pemuda melalui konserRhapsody Nusantara 2022 yang digelar bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang di DiamondSolo Convention Center, Jawa Tengah.

"Rhapsody Nusantara itu menghadirkan kembali semangat Sumpah Pemuda, persatuan, dan emansipasi wanita melalui bahasa masa kini," kata Penanggung Jawab RhapsodyNusantara 2022 RielTasmayadi Surakarta, Rabu malam (26/10/2022).

Baca Juga

Tasmaya mengatakan, Rhapsody Nusantara mengambil momentum Sumpah Pemuda karena nilai-nilai Sumpah Pemuda tidak boleh dilupakan oleh generasi milenialsekarang.

Budayawan Solo Wahyu Sardono, kata Tasmaya, telah menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini secara khusus untukmembangkitkan kembali semangat serta nilai-nilai Sumpah Pemuda. Diharapkan Rhapsody Nusantara 2022 ini mampu menyelaraskan semangat Sumpah Pemuda kepada seluruh hadirin yang menyaksikan.

Konser Rhapsody Nusantara yang berlangsung bertepatan dengan 94 tahun Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022 dengan durasi pertunjukan kurang lebih tiga jam dimulai pukul 19.00 WIB.

Dijadwalkan tampil dalam konser tersebut antara lain orkestra asuhanSinggih Sanjaya, musisi Dira Sugandi, David Bayu, Daniel Kristianto, Sruti Respati, Kenny Gabriel, Michael Jakarimilena, kolompok gamelan Seepra Loyola, Kolintang Gratia, Vocal Erudita, Filda Wibowo, Melati Arumsari, Dewi Pembayun, Ekosdance, dan beberapa pelaku seni dari Kota Solo.

Konser yang bakal dihadiri kurang lebih 1.000 penonton ini tersedia secara gratis, meskipun peminat harus memesan tiket melalui kanal pemesanan sejak 18 Oktober 2022. Menurut Tasmaya, seluruh tiket telah habis dipesan, dan itu membuktikan adanya antusiasme yang luar biasa dari masyarakat Solo dan sekitarnya.

"Konser Rhapsody Nusantara diharapkan mampu membawa kembali semangat Sumpah Pemuda dan semangat itulah yang membawa kita semua menuju Indonesia Maju," katanya.

Sementara itu, Irianto Harko Saputro selaku Direktur Dana Jasa dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bank Jateng mengatakan pihaknya sangat mendukung konser Rhapsody Nusantara dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda 28 Oktober bertajuk "Nusantara Seribu Budaya Sejuta Cinta" di Solo.

Menurutnya, konserRhapsody Nusantara merupakan momentum untuk mengangkat pariwisata dan ekonomi kreatif. Kegiatan konser Rhapsody Nusantara sebuah sinergi antara Pemkot Surakarta dan Bank Jateng untuk percepatan pemulihan ekonomi terutama pada sektor industri kreatifdi Kota Solo.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkot SurakartaTamsomengatakan konser tersebut diharapkan dapat membangkitkan semangat Sumpah Pemuda dan pariwisata serta ekonomi kreatif di Surakarta dan Indonesia pada umumnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement