Kamis 27 Oct 2022 16:33 WIB

Cairan Betonmix Dinilai Dapat Tingkatkan Mutu Beton

Proporsi komponen material yang digunakan harus sesuai dengan perencanaan

Cairan Betonmix (ilustrasi)
Foto: dokpri
Cairan Betonmix (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cairan Betonmix dinilai dapat meningkatkan mutu beton, mempermudah proses pengecoran, serta menjadikan beton lebih kedap air. Sedangkan bangunan sangat erat kaitannya dengan beton. Hal itu dapat dilihat hasil pengecoran beton pada bagian seperti pondasi, atap dak beton, tiang, dan pembatas antar lantai. 

"Beton menjadi pilihan sebagian besar orang karena memiliki sifat tahan terhadap beban berat, tahan terhadap suhu tinggi maupun korosi," kata Marketing Manager PT Adhi Cakra Utama Mulia, Chandra Kurniawan, dalam siaran pers, Kamis (27/10/2022)

Dalam proses pengecoran beton, proporsi komponen material yang digunakan harus sesuai dengan perencanaan agar mendapat beton yang berkualitas. Komponen pembentuk beton terdiri dari campuran semen, air, pasir (agregat halus) dan kerikil (agregat kasar). 

Air merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam pembentukan beton yaitu sebagai pencampur komponen lainnya dalam proses pengadukan beton. Kekurangan air akan membuat aliran beton tidak lancar dan menimbulkan resiko beton keropos. Sebaliknya, kebanyakan air dalam campuran beton akan menurunkan kuat tekan beton.

 

Untuk menghindari permasalahan tersebut, dibutuhkan bahan tambahan dalam proses pengecoran beton. "Gunakan Betonmix bahan penguat beton yang cukup dicampurkan ke dalam adukan beton sebanyak 1 persen dari berat semen. Penambahan cairan ini akan membuat beton yang dihasilkan lebih padat, tidak keropos dan lebih kedap air," katanya.

Ia mengatakan, bahan penguat beton atau obat beton Betonmix merupakan salah satu produk dari Aquaproof yang berbentuk cairan bening siap pakai dengan Superior Plasticizer Technology yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas adukan beton. "Betonmix dipasarkan dalam ukuran kemasan 1 kilogram, 5 kilogram, dan 30 kilogram yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bangunan," katanya menambahkan.

Ia menerangkan, keunggulan penggunaan Betonmix dibanding aditif sejenisnya di antaranya adalah meningkatkan mutu beton, mempercepat pengerasan beton, mempermudah pengecoran beton, dan eningkatkan kekedapan air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement