Jumat 28 Oct 2022 14:39 WIB

Gelar Culinary & Cultural Festival, IFG Labuan Bajo Marathon 2022 Gairahkan Ekonomi Lokal

IFG ingin berperan meningkatkan perekonomian dan mempromosikan pariwisata Labuan Bajo

Rangkaian kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 di Waterfront, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Foto: dokpri
Rangkaian kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 di Waterfront, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

REPUBLIKA.CO.ID, LABUANBAJO -- Rangkaian kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 turut menggelar Culinary and Cultural Festival untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setelah dua tahun pandemi Covid-19. Culinary and Cultural Festival merupakan bazar UMKM, yang melibatkan usaha kuliner dan kerajinan. Acara ini diselenggarakan di Waterfront, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai dari 27 hingga 29 Oktober 2022. 

Direktur SDM IFG yang membawahi fungsi TJSL, Rizal Ariansyah mengatakan, IFG selaku sponsor utama ingin berperan dalam meningkatkan perekonomian dan mempromosikan pariwisata di Labuan Bajo yang masuk dalam Destinasi Super Prioritas (DSP).

"Kami telah memberikan pelatihan pada para pelaku UMKM dan memberi kesempatan pada mereka untuk memamerkan produknya di Culinary and Cultural Festival. Ini menjadi salah satu tujuan kami menggelar rangkaian acara IFG Labuan Bajo Marathon 2022 untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Labuan Bajo," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (28/10/2022).

Selain bazar UMKM, juga digelar lomba dayung sebagai salah satu ajang meramaikan “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” sekaligus upaya menggairahkan pariwisata di Labuan Bajo. "Lomba dayung diharapkan bisa memperkenalkan kekayaan budaya setempat serta membangkitkan semangat berprestasi," kata Rizal.

 

Rangkaian acara ini juga didukung penuh oleh pemerintah setempat. Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mengharapkan, event ini dapat membangkitkan semangat warga untuk berprestasi di aneka cabang olah raga. "Kami berterima kasih karena rangkaian acara IFG Labuan Bajo Marathon 2022 ini benar-benar telah mengobarkan kembali semangat masyarakat Manggarai Barat  untuk berkarya, dalam hal usaha maupun berprestasi di bidang olah raga. Ini terlihat dari antusiasme warga yang sangat tinggi untuk ikut dalam lomba dayung maupun marathon nanti," paparnya.

Sebelumnya, dalam rangka IFG Labuan Bajo Marathon 2022, IFG juga telah menggelar kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di bidang pendidikan, sosial, dan lingkungan. Hal ini mendapat perhatian khusus dari Uskup Ruteng, Monsinyur Siprianus Hormat, Pr, yang menekankan pada pentingnya pengembangan aspek sosial budaya masyarakat Labuan Bajo.

Ajang marathon ini mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. "Rangkaian kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 termasuk pemberdayaan UMKM, TJSL, dan event olah raga yang dilakukan IFG selaku BUMN Holding Asuransi, Penjaminan dan Investasi, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di Labuan Bajo.  Seperti kita ketahui bersama, dua tahun terakhir, semua sektor terdampak pandemi, termasuk pariwisata, sehingga gerak roda ekonomi melambat. Ini menjadi momentum untuk kembali menggairahkan pariwisata dan perekonomian di Labuan Bajo," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement