Sabtu 05 Nov 2022 18:48 WIB

Yasbil Buka Pendaftaran Beasiswa Anak Teladan Indonesia 2023

Program BATI sudah berlangsung sejak tiga tahun lalu.

Para siswa perain Beasiswa Anak Teladan Indonesia (BATI).
Foto: dokpri
Para siswa perain Beasiswa Anak Teladan Indonesia (BATI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yayasan Solidaritas Bina Insan Kamil (Yasbil) kembali membuka kesempatan beasiswa bagi generasi penerus bangsa untuk menempuh pendidikan jenjang SMA melalui program Beasiswa Anak Teladan Indonesia (BATI) 2023. BATI merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi siswa kelas IX di jenjang SMP/MTs yang ingin melanjutkan studinya di SMA/MA unggulan di beberapa kota pilihan. 

"Program BATI sudah berlangsung sejak tiga tahun lalu dan berhasil menempatkan siswa terbaik untuk bersekolah di SMA terbaik, bahkan memfasilitasi juga hingga jenjang perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri," ujar perwakilan Sekretariat Yasbil, Kak Al, dalam siaran pers, Sabtu (5/11/2022).

Program ini diadakan untuk mempersiapkan para siswa yang ingin melanjutkan studinya dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan mereka baik secara akademik maupun pengembangan karakter. 

Sesuai dengan jumlah kuota yang tertera di berbagai daerah panitia akan merekrut para siswa yang berkompeten dan berkomitmen untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan intensif di wadah yang sudah ditentukan melalui seleksi. 

"Dari sini diharapkan para siswa bisa memaksimalkan kesempatan yang ada dengan fasilitas dan biaya operasional selama tinggal akan ditanggung oleh pihak pemberi beasiswa secara umum," kata Kak Al.

Persyaratan yang diminta dari para pendaftar di antaranya adalah WNI, kelas 9 SMP/MTs, berakhlak mulia, memiliki karakter, mau berkecimpung di dunia pendidikan, akan diprioritaskan siswa yang ingin menjadi pendidik, nilai rata-rata rapor kelas 8,5; bersedia ditempatkan di sekolah yang ditunjuk oleh penyedia beasiswa, bersedia tinggal di tempat yang disediakan, berprestasi Akademik atau Non-Akademik, berasal dari keluarga kurang mampu (berbukti), serta surat rekomendasi guru atau kepala sekolah

Manfaat beasiswa di antaranya adalah belajar gratis di sekolah bertaraf Cambridge School atau setara, akomodasi selama tiga tahun, uang saku setiap bulan, program pengembangan diri dan karakter, dan pengembangan softskills. Kota Tujuan di antaranya adalah Depok, Bandung, Semarang, Tangerang Selatan, Bogor, Banda Aceh, dan ogyakarta 

Tahapan Pendaftaran dan Seleksi yakni Pendaftaran:  01 November 2022 - 23 Desember 2022, Ujian Seleksi:  24 Desember 2022, Pengumuman Hasil Ujian Seleksi: 25 Desember 2022, Wawancara Siswa:   26 - 30 Desember 2022, Pengumuman Hasil Wawancara: 31 Desember 2022, Kamp Seleksi & Pembekalan:  02 Januari 2023 - 5 Februari 2023, Wawancara Orang Tua:  6 - 10 Februari 2023, Pengumuman Hasil Final:  11-12 Februari 2023, Penempatan: Maret - April 2023, serta Kamp Pembinaan: Mei - Juni 2023. Pendaftaran dibuka hingga 23 Desember 2022 melalui link berikut ini: https://bit.ly/BATI_2023

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement