Rabu 09 Nov 2022 23:17 WIB

MPM Muhammadiyah Gandeng Goto Berdayakan Masyarakat

Ratusan peserta terkonfirmasi untuk mengikuti pelatihan digital marketing.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
MPM Muhammadiyah Gandeng Goto Berdayakan Masyarakat (ilustrasi).
MPM Muhammadiyah Gandeng Goto Berdayakan Masyarakat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SURAKARTA -- Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah bekerja sama Goto (Gojek Tokopedia) menggelar pelatihan digital marketing. Diberikan kepada dampingan MPM PP Muhammadiyah, Bazaar Muktamar dan UMKM seluruh Solo Raya.

Kegiatan akan dilaksanakan di Solo Technopark sebagai kantor Goto di Kota Solo. Untuk kegiatan secara luring jumlah pesertanya dibatasi hanya sebanyak 30 orang dan secara daring via zoom tidak dibatasi agar lebih banyak peserta bergabung.

Baca Juga

Sampai saat ini, sudah ada ratusan peserta yang terkonfirmasi untuk mengikuti secara daring. Ketua MPM, Dr Nurul Yamin mengatakan, pelatihan digital marketing ini sebagai usaha memberi pemahaman keterampilan dan kemampuan kepada peserta.

"Nantinya untuk bisa memanfaatkan platform digital yang sebagaimana disediakan oleh Gojek dan Tokopedia dalam memasarkan produk-produk komoditas peserta UMKM maupun komunitas dampingan Majelis Pemberdayaan Masyarakat PP Muhammadiyah," kata Yamin, Rabu (9/11).

Pelatihan ini diselenggarakan sebagai rangkaian Semarak Muktamar ke-48 di Surakarta. Dari bentuk kerja sama antara PT Gojek Tokopedia dengan Majelis Pemberdayaan Masyarakat PP Muhammadiyah berbagai kegiatan diselenggarakan.

Antara lain peresmian Rice Mill Jamaah Tani Muhammadiyah (Jatam) Sragen pada 30 September 2022. Pengajian, cek kesehatan gratis dan Talkshow Jihad Pengelolaan Sampah di kelompok dampingan pemulung Makaryo Adi Ngayogyakarta (Mardiko).

Dilaksanakan pada 10 November 2022 di TPST Piyungan dan kegiatan peluncuran alat ripening pisang Jatam Lamongan yang akan dilaksanakan pada 12 November 2022. Selain itu, kerja sama ini turut dimaksudkan untuk memberikan nilai lebih.

Serta, memberikan platform bagi kegiatan bazaar di acara Muktamar Muhammadiyah ke-48 nanti di Solo. Sehingga, pelaksanaan bazaar bukan hanya bisa diakses di lokasi muktamar, tapi secara daring dapat pula diakses oleh khalayak umum.

Pada kesempatan ini, dilakukan pula penandatanganan MoU antara PT Goto dengan MPM untuk dilakukan kerjasama dalam bidang pemberdayaan masyarakat. Nantinya, diharapkan akan menjadi satu keberpihakan dalam pemberdayaan ekonomi keumatan.

"Pelatihan digital marketing nanti akan dipandu oleh trainer yang membidangi digital marketing yaitu oleh Rizki Nusantara sebagai fasilitator GoNusantara," ujar Yamin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement