Kamis 10 Nov 2022 17:44 WIB

Cigimbal Park, Tempat 'Healing' Murah Meriah di Cilacap

Banyak menu makanan dan minuman yang siap memanjakan lidah.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Obyek wisata di Kabupaten Cilacap, Cigimbal Park.
Foto: Pemkab Cilacap
Obyek wisata di Kabupaten Cilacap, Cigimbal Park.

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP – Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, terkenal dengan wisata alamnya, khususnya wisata bahari. Biasanya wisata alamnya seringkali menjadi tempat para warga penduduk lokal untuk melepas penat sejenak.

Saat ini di Cilacap terdapat objek wisata baru yang dapat disambangi bersama sahabat dekat dan keluarga. Cigimbal Park, inilah salah satu destinasi wisata alam yang ada di Jalan Tancang RT 02 RW 12 Kelurahan Tritih Kulon, Cilacap Utara.

Wisata yang menyajikan rindangnya hutan mangrove dan menghadap ke Sungai Bengawan Donan ini dibuka pada 9 Januari 2022 lalu dengan jam operasional 07.00 hingga 18.00 WIB. Untuk masuk ke objek wisata ini, pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 5.000 per orang.

Tempat ini dikelola oleh Ruswan yang merupakan ketua RW 12 Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara bersama dengan warga sekitarnya. "Cigimbal Park sebenarnya mempunyai luas sekitar empat hektare. Namun yang dapat kami kelola baru sekitar satu hektare," ujar Ruswan.

Adapun fasilitas yang ada di area wisata ini adalah dua meeting room utama dengan kapasitas masing-masing 120 dan 40 orang, gazebo-gazebo kecil, dua tempat karaoke, toilet, mushola, serta dilengkapi dengan dua perahu yang dipergunakan untuk mengelilingi hutan mangrove.

Beberapa tempat yang menjadi tujuan dari wisata perahu, yakni Pulau Krinjing, Kutawaru, Seleko, dan Geo Wisata Pulau Nusa Borit. Tarif yang dikenakan mulai dari Rp 10 ribu – Rp 50 ribu.

Tidak perlu khawatir kelaparan di tempat ini. Karena ada begitu banyak menu makanan dan minuman yang siap memanjakan lidah kita dengan harga yang tidak menguras isi dompet.

Harga aneka makanan di Cigimbal Park berkisar antara Rp 8.000 – Rp 50 ribu. Sedangkan untuk minumannya, dimulai dari harga Rp 2.000 – Rp 10 ribu saja. Untuk menu andalan di tempat wisata ini yakni Pecak Kiper yang rasa pedasnya dapat dipesan sesuai selera.

Ruswan mengatakan pemandangan Cigimbal Park akan semakin cantik ketika matahari akan terbenam. Hamparan Sungai Bengawan Donan seakan mampu menenggelamkan matahari dan menyisakan sinarnya yang berwarna oranye.

"Semoga ke depannya Cigimbal Park semakin terkenal, maju, dan menjadi wisata primadona bagi masyarakat Cilacap dan luar Cilacap, sehingga nantinya kami bisa memperluas area wisata ini dan terus meningkatkan fasilitasnya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement