Selasa 22 Nov 2022 20:15 WIB

Harga Tomat Mendadak Melonjak, Ini Penyebabnya

Curah hujan yang cukup tinggi masih menjadi kendala bagi para petani.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin
Harga Tomat Mendadak Melonjak, Ini Penyebabnya (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Andri Saputra
Harga Tomat Mendadak Melonjak, Ini Penyebabnya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,UNGARAN -- Harga tomat di pasaran mendadak melonjak. Hal ini dipicu oleh tingginya permintaan pasar di saat produksi petani mengalami penurunan.

Di satu sisi, momentum kenaikan harga ini belum dapat dimanfaatkan para petani di sentra penghasil tomat di Kabupaten Semarang, seperti di Kecamatan Bandungan dan Kecamatan Sumowono.

Baca Juga

Pasalnya, curah hujan yang cukup tinggi masih menjadi kendala bagi para petani untuk memaksimalkan panen di kebun mereka.

“Tanaman tomat yang mulai berbuah, banyak yang layu karena terlalu serimg diguyur air hujan,” ungkap Mulyanah (50), seorang petani di Desa Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Selasa (22/11).

Menurutnya, banyak tanaman tomat di kebunnya yang rusak akibat curah hujan di wilayah Kecamatan Bandungan –yang umumnya-- cukup tinggi.

Hal ini ditandai oleh layu batang dan kemudian mengering. “Sehingga buah tomat yang masih sebesar biji kelereng ikut mengering dan tidak bisa dipanen,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, sebenarnya saat ini harga tomat memang sedang bagus. Karena harga di tingkat petani bisa mencapai Rp 10.000 – Rp 15.000 per kilogram.

Namun momentum ini tidak dapat dioptimalkan para petani karena cuaca membuat tanaman tomat kurang maksimal.

Hal ini diamini oleh Antoni (46), petani di Dusun Geblok, Desa Sidomukti. Menurutnya, tanaman tomat yang ada di kebunnya --saat ini-- baru akan berbuah.

Ia pun megakui, saat ini harga tomat cukup mengagetkan karena bisa mencapai Rp 15.000 per kilogram.

Padahal, sebelumnya harga tomat hanya Rp 3.000- Rp 4.000 per kilogram. “Bahkan saat panen melimpah harganya bisa jatuh di kisaran Rp 1.500 per kilogram,” ungkapnya.

Yang jadi permasalahan, lanjut Antoni, kali ini masa tanam tomat di kebunnya memang mundur, karena curah hujan cukup tinggi. “Sehingga saat harga bagus seperti sekarang, di kebun baru akan berbuah,” tegasnya.

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan (Dispertanikap) Kabupaten Semarang, Wigati Sunu juga membenarkan harga buah tomat di pasaran sedang melambung.

“Bhkan di tingkat pedagang pasar, harga buah tomat saat ini bisa mencapai Rp 20.000 per kilogram,” katanya.

Ia mengatakan, tingginya harga buah tomat ini dipicu oleh tingginya permintaan pasar. Sementara produksi dari petani --dalam beberapa bulan terakhir-- sedang megalami penurunan.

Dampak cuaca (musim penghujan) akhir- akhir ini membuat produksi tanaman tomat tidak dapat maksimal, tak terkecuali di Kabupaten Semarang.

“Maka saat produksi dan stoknya terbatas, harga buah tomat pun kemudian menjadi lebih mahal di pasaran,” ungkapnya.

Sunu juga menjelaskan, tingginya permintaan buah tomat tidak hanya dari masyarakat saja. namun juga dari sejumlah industri pengolahan seperti pabrik saos dan lainnya.

Sehingga sampai hari ini para petani di Kabupaten Semarang pun masih kesulitan untuk dapat memenuhi permintaan tersebut. “Situasinya memang kurang menguntungkan bagi petani,” tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement