Selasa 06 Dec 2022 20:02 WIB

Polres Kediri Kota Kerahkan Ratusan Personel untuk Amankan Pilkades

Kepala desa terpilih diharapkan bisa melayani masyarakat di tingkat desa.

Polres Kediri Kota Kerahkan Ratusan Personel untuk Amankan Pilkades (ilustrasi).
Foto: Pemkab Purbalingga
Polres Kediri Kota Kerahkan Ratusan Personel untuk Amankan Pilkades (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,KEDIRI -- Kepolisian Resor (Polres) Kediri Kota, Jawa Timur, menurunkan 400 personel gabungan untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) di daerah ini, Rabu (7/12).

"Personel gabungan dari Kodim 0809 Kediri dan Polres Kediri Kota. Kami juga di "back up" satu SSP (Satuan Setingkat Peleton) Brimob Madiun. Besok pagi semua turun," kata Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi di Kediri, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan di wilayah hukum Polres Kediri Kota ada dua desa yang menggelar pemilihan kepala desa, yakni di Kecamatan Mojo(Desa Tambi Bendodan Desa Maesan).

Kapolres mengatakan status kedua desa itu adalah hijau. Namun, pihaknya tetap siaga dengan menerjunkan personel untuk memastikan pelaksanaan pemilihan kepala desa berlangsung tertib dan aman.

Untuk di Desa Maesan, ada tiga calon kepala desa dengan delapan tempat pemungutan suara. Untuk jumlah warga yang berhak menggunakan hak pilihnya ada 3.500 pemilih.

Pengamanan di Desa Maesan, satu TPS ada 10 polisi ditambah tiga orang TNI, dan empat satuan perlindungan masyarakat (linmas).

Sedangkan di Desa Tambi Bendo ada dua orang calon kepala desa dengan delapan TPS dan sekitar 3.400 orang pemilih. Pengamanan di Desa Tambi Bendo, satu TPS lima polisi, dua TNI, dan tiga dari linmas.

"TPS kategori hijau, namun kami tetap tidak boleh meremehkan. Kami tetap maksimalkan jumlah pengamanan yang ada," kata dia.

Selain itu, katanya, masih ada anggota yang siap diturunkan jika terjadi peristiwa tidak terduga selama pemilihan kepala desa tersebut digelar hingga selesai.

Polres Kediri Kota telah menggelar apel pergeseran pasukan dari mako (markas komando) ke Kecamatan Mojo dalam pengamanan pemilihan kepala desa.

Pemerintah Kabupaten Kediri akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 7 Desember 2022. Kegiatan itu diikuti 57 desa di 13 kecamatan dengan jumlah calon kepala desa 155 calon. Dari jumlah itu, 42 orang di antaranya merupakan petahana.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan pelaksanaan Pilkades 2022 diharapkan bisa menjadi momentum untuk melakukan perubahan. Selain itu, kepala desa terpilih diharapkan bisa melayani masyarakat di tingkat desa masing-masing dengan ramah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement