Senin 12 Dec 2022 19:12 WIB

Pemkab Cilacap Luncurkan Aplikasi Jual Beli Ciblon

Layanan ini merupakan cara pemerintah hadir membantu UMKM.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar saat menyampaikan sambutan pada acara Soft Launching Ciblon, Kamis (8/12/2022).
Foto: Pemkab Cilacap
Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar saat menyampaikan sambutan pada acara Soft Launching Ciblon, Kamis (8/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP – Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Cilacap melakukan terobosan dengan membuat aplikasi jual beli online yang diberi nama Ciblon (Cilacap Belanja Online).

Soft launching Ciblon digelar di Hotel Sindoro Cilacap yang dihadiri oleh Pj Bupati Yunita Dyah Suminar, para kepala dan perwakilan OPD, serta para pelaku UMKM di wilayah Cilacap.

Pj Bupati Yunita sangat mengapresiasi langkah DPKUKM dalam memajukan UMKM di Cilacap ini. Ia berharap makanan-makanan khas Cilacap dan hasil seni para perajin di wilayah Cilacap dapat dipasarkan di aplikasi Ciblon.

Menurutnya, aplikasi ini merupakan solusi yang tepat guna dimana penggunanya dapat mempromosikan dan mengelola bisnisnya agar dapat meningkatkan penjualan.

“Kadang UKM ini hanya bisa memproduksi tapi gak bisa memasarkan, gak punya tempat. Dengan online ini semua menjadi efisien," ujar Yunita.

Ia menambahkan, akses layanan ini merupakan cara pemerintah hadir untuk membantu UMKM agar bisa tumbuh dan berkembang sehingga angka pengangguran jadi turun, kemiskinan juga turun.

Kemudian ia juga mengimbau agar para pelaku UMKM dapat mempertahankan kualitas dan kecepatan pengiriman, sehingga para konsumen mendapatkan kepastian layanan di aplikasi tersebut.

Sepakat dengan pj bupati, Kepala DPKUKM Umar Said pun berharap agar kehadiran Ciblon dapat membawa multi efek yang nantinya berimbas kepada meningkatnya taraf hidup masyarakat di Cilacap.

Sub koordinator Pemberdayaan, Pengembangan dan Peningkatan Kualitas SDM Koperasi pada DPKUKM Cilacap, Iqbal Rahman Hakim menjelaskan aplikasi ini merupakan penghubung antara penjual dan pembeli.

"Produk yang sudah dipilih melalui Ciblon akan menghubungkan pembeli dengan penjualnya. Selanjutnya kedua belah pihak dapat menentukan proses transaksi yang akan dilakukan, baik melalui transfer ke rekening maupun Cash on Delivery (COD)," jelasnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement