Senin 12 Dec 2022 23:38 WIB

Pemda DIY Serahkan Hibah Gedung Balai Budaya kepada Kelurahan Putat

Perkembangan jumlah wisatawan khususnya di Gunungkidul makin hari semakin banyak.

Pemda DIY Serahkan Hibah Gedung Balai Budaya kepada Kelurahan Putat (ilustrasi).
Foto: Indah Novita
Pemda DIY Serahkan Hibah Gedung Balai Budaya kepada Kelurahan Putat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,GUNUNGKIDUL -- Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menyerahkan hibah gedung balai budaya kepada Pemerintah Kelurahan Putat, Kabupaten Gunungkidul, yang diharapkan mampu membangkitkan budaya dan menyejahterakan masyarakat.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan bantuan sarana dan prasarana budaya melalui Dana Keistimewaan (Danais).

Baca Juga

"Kami menyerahkan bantuan, baik balai budaya maupun sarana dan prasarana budaya. Tentu kami berharap penerima bantuan agar bisa memanfaatkan sehingga bantuan tersebut dapat memberikan manfaat dan menyejahterakan masyarakat dan tidak sia-sia," katanya, Senin (12/12/2022).

Kelurahan Putat sebagai kelurahan budaya. Wilayah dengan sembilan pedukuhan tersebut mendapatkan hibah sarana dan prasarana budaya melalui Danaisberupa gedung balai budaya.

 

Baskara Aji berharap hibah gedung balai budaya mampu mendukung pertumbuhan pariwisata di wilayah ini. Perkembangan jumlah wisatawan khususnya di Gunungkidul makin hari semakin banyak.

Selain destinasi wisata yang sudah ada, destinasi budaya minat khusus juga perlu dikembangkan sehingga ada alternatif wisata.

Untuk itu, ia berharap gedung balai budaya selalu ramai dengan aktivitas. Aktivitas yang selama ini tersebar di sejumlah wilayah pedukuhan hendaknya dapat bergeser ke balai budaya.

"Kami berharap gedung balai budaya ini menjadi program Danais dan dapat bermanfaat. Balai ini bisa dikembangkan berbagai untuk atraksi," katanya.

Lurah Putat Rusbandimengucapkan terima kasih atas hibah sarana dan prasarana budaya melalui Danais. Selanjutnya, warga dipersilakan untuk memanfaatkan sebaik mungkin.

"Kepada generasi penerus, kami minta agar aktif dalam berbagai program kegiatan," katanya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta berharap, berdirinya balai budaya menjadi spirit pengembangan perekonomian masyarakat. Kelurahan Putat memiliki banyak potensi, mulai dari kuliner, kerajinan dan masih banyak lagi. "Kami sangat yakin potensi itu bisa dikembangkan lebih maksimal," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement