Kamis 22 Dec 2022 21:27 WIB

Gubernur Jawa Tengah Kampanyekan Garpu Perak pada Hari Ibu

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh para pria untuk membantu perempuan.

Gubernur Jawa Tengah Kampanyekan Garpu Perak pada Hari Ibu (ilustrasi).
Foto: Republika/Alfian
Gubernur Jawa Tengah Kampanyekan Garpu Perak pada Hari Ibu (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Hari Ibu mengampanyekan gerakan pria peduli perempuan dan anak atau Garpu Perak guna meningkatkan kepedulian terhadap perempuan dan anak.

"Manfaatkan medsos untuk kampanyekan kebaikan. Kampanye laki-laki peduli perempuan dan anak itu penting," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowodi Semarang, Kamis, via daring.

Baca Juga

Dia mengajak warga menggunakan media sosial untuk mengampanyekan peningkatan dukungan terhadap perempuan dan anak melalui Garpu Perak.

"Saya terbiasa melakukan pekerjaan itu, tapi ketika saya menyeterika dan istri saya iseng-iseng merekam dan meng-upload ke medsos, ternyata reaksi masyarakat beragam," katanya.

 

Mantan anggota DPR itu mengemukakan bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh para pria untuk membantu perempuan dan anak-anak, termasuk menjaga ibu hamil senantiasa dalam keadaan sehat dan terpenuhi kebutuhan gizinya.

"Bumil sehat menjadi sangat penting, sehingga stunting bisa kita bereskan, yang kurang gizi juga bisa kita bereskan, dan inilah masa depan anak-anak kita yang mesti kita siapkan dari sekarang," katanya.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menjalankan program-program pemberdayaan dan peningkatan kapasitas perempuan, termasuk di antaranya ProgramSekolah Cerdas Perempuan Masa Kini Serat Kartini.

Program itu mendorong sekitar 30 persen perempuan masuk dalam kelompok yang dapat mempengaruhi penyusunan kebijakan.

Provinsi Jawa Tengah empat kali berturut-turut mendapat Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak karena dinilai berhasil menjalankan strategi pengarusutamaan gender.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement