Selasa 27 Dec 2022 10:06 WIB

Lahan Tol di Klaten Terkendala Pembebasan Satu Rumah Warga

BPN tidak memiliki kewenangan untuk menentukan nilai ganti rugi.

Petugas memverifikasi dokumen sertifikat tanah saat ganti kerugian tanah pengadaan proyek pembangunan jalan Tol Solo-Jogja-Kulon Progo di Ngawen, Klaten, Jawa Tengah.
Foto: ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho
Petugas memverifikasi dokumen sertifikat tanah saat ganti kerugian tanah pengadaan proyek pembangunan jalan Tol Solo-Jogja-Kulon Progo di Ngawen, Klaten, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN - Proses pembebasan lahan tol di Desa Kahuman, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, masih terkendala satu rumah warga. Pemilik rumah belum sepakat dengan nilai ganti rugi.

Kepala Seksi (Kasi) Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Klaten Sulistiyono mengatakan sebagai pihak pelaksana, BPN tidak memiliki kewenangan untuk menentukan nilai ganti rugi.

"Kemarin kami sudah koordinasi, kalau mengenai penilaian dari pihak pelaksana kan tidak punya kewenangan," kata dia.

Ia pun mengatakan hasil penilaian berasal dari tim appraisal. Dari penilaian, seharusnya pemilik tanah sekaligus bangunan yang bernama Setyo Subagyo itu memperoleh ganti rugi Rp 3,4 miliar.

"Per meter tanah (nilainya) Rp 2,5 juta. Luasnya kan sekitar 500 meter. Dia mintanya nilai tanah sama dengan seberang jalan, kan appraisal lain. Di seberang jalan nilainya Rp 3 juta per meter," katanya.

Terkait hal itu, pihaknya sudah minta yang bersangkutan untuk mengajukan keberatan ke Pengadilan Negeri Klaten. "Kalau sudah ditentukan yang bisa mengubah hanya keputusan pengadilan sepanjang nanti gugatannya dikabulkan. Itu saya beri waktu 14 hari, silahkan mengajukan keberatan di pengadilan," ujarnya.

Namun hingga batas akhir 14 hari tersebut, pemilik tanah tidak mengajukan keberatan atau gugatan ke pengadilan. "Juga tidak mau tanda tangan di berita acara persetujuan. Kalau tidak ke pengadilan dianggap menyetujui (nilai ganti rugi)," kata dia.

Terkait hal itu, pihaknya memutuskan untuk menitipkan uang ganti rugi ke pengadilan. "Karena harus segera dikerjakan (proyek tol), ini sudah mau saya titipkan di pengadilan," tegasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement