Selasa 27 Dec 2022 17:37 WIB

Agar UMKM Tidak ‘Stunting’, Optimalkan PLUT

Target di 2024, rasio kewirausahaan Indonesia mampu mencapai 3,95 persen.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin saat meresmikan enam PLUT-KUMKM di berbagai daerah, yang dipusatkan di PLUT-KUMKM Kabupaten Semarang, di Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (27/12).
Foto: dok. istimewa
Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin saat meresmikan enam PLUT-KUMKM di berbagai daerah, yang dipusatkan di PLUT-KUMKM Kabupaten Semarang, di Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (27/12).

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, meminta kepara para pelaku UMKM memanfaatkan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT-KUMKM) dengan sebaik-baiknya. Karena fasilitas ini (PLUT-KUMKM) memang disiapkan untuk mengakselerasi agar usaha mikro bisa lebih maju, berkembang, dan mampu naik kelas dalam mendorong ketahanan ekonomi daerah.

“Kehadiran pusat layanan terpadu ini memang diharapkan mampu menjadi akselerator bagi UMKM yang selama ini ikut menggerakkan ekonomi di daerah masing-masing,” ungap Wapres saat meresmikan enam PLUT-KUMKM di berbagai daerah, yang dipusatkan di PLUT-KUMKM Kabupaten Semarang, di Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (27/12/2022).

Sehingga, lanjut Ma’ruf Amin, UMKM di Indonesia tidak ‘stunting’ atau kerdil terus. Namun  akan semakin maju dan terus berkembang hingga mampu menjadi perusahaan yang lebih besar lagi.

Terlebih, masih jelas Wapres, Pemerintah RI punya target di 2024, rasio kewirausahaan Indonesia mampu mencapai 3,95 persen. Selain itu, akses keuangan juga mencapai 90 persen dan memiliki 30 juta UMKM yang ‘go-digital’.

 

Untuk itu, Wapres mengimbau kepada segenap pelaku usaha mikro memanfaatkan keberadaan PLUT-KUMKM ini sebaik-baiknya untuk belajar dan meningkatkan kapasitanya. Sehingga UMKM di Indonesia bisa terus maju.

“Sehingga, pada saatnya nanti, UMKM bisa terus berkontribusi positif dalam memajukan ekonomi daerah maupun perekonomian nasional,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Wapres, KH Ma’ruf Amin tidak hanya meresmikan PLUT-KUMKM Kabupaten Semarang dan Kabupaten Purworejo. Namun juga meresmikan fasilitas yang sama masing-masing PLUT-KUMKM Kabupaten Buleleng, Kabupaten Dairi, Kabupaten Maros, dan Kota Kendari.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo yang mendampingi Wapres Ma’ruf Amin dan Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki dalam peresmian ini, berharap keberadaan PLUT-KUMKM juga bisa menjadi co-working space bagi kemajuan UMKM di Jateng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement