REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) berkomitmen untuk terus memperkuat operational excellence di tiap lini perusahaan, khususnya di bidang customer service, demi memberi pengalaman memuaskan pada setiap aktivitas belanja pelanggan. Komitmen ini pun mengantarkan Blibli meraih berbagai prestasi gemilang di pengujung tahun 2022.
Salah satu yang menjadi highlight adalah keberhasilan Blibli meraih sejumlah penghargaan terbanyak pada ajang Global Top Performers Ranking-Asia Pacific 2022 yang digelar oleh ContactCenterWorld.com. Apresiasi tersebut kian melengkapi prestasi besar yang diraih customer care Blibli di penghujung tahun, yakni dengan raihan total 11 penghargaan meliputi tujuh medali emas, tiga medali perak, dan satu medali perunggu dari 17 kategori pelayanan pelanggan yang dinominasikan serta menang tujuh nominasi pada sektor korporat.
Tim Customer Care Blibli menutup tahun 2022 dengan perolehan penghargaan terbanyak pada ajang Global Top Performers Ranking-Asia Pacific 2022 yang digelar oleh ContactCenterWorld.com. Dengan total 39 pengakuan industri di tahun ini, customer care Blibli menjadi pilar penting dalam menjaga standar layanan pelanggan terdepan di industri dengan DNA customer care melayani dengan empati.
"Seluruh penghargaan yang diraih tersebut merupakan prestasi bagi segenap tim customer care Blibli yang konsisten menjaga DNA perusahaan dalam melayani dan memberi solusi dengan penuh empati dan setulus hati setiap harinya," ujar COO dan Co-Founder Blibli, Lisa Widodo.
"Apresiasi ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus menjaga dan meningkatkan standar layanan pelanggan dan ke depannya menjadi acuan standar pelayanan di industri," kata Lisa menambahkan.
Khusus untuk deretan prestasi pada Global Top Performers Ranking-Asia Pacific 2022, Blibli dinilai mampu membangun tim customer care yang dapat menjamin integritas, empati, dan layanan personalized dalam menjawab berbagai kebutuhan pelanggan. Hal tersebut penting karena menurut tinjauan firma audit KPMG, bahwa integritas, empati, dan layanan yang personalized adalah faktor-faktor utama yang mempengaruhi dan mendorong loyalitas pelanggan. Penguatan kapabilitas ini pun jadi bagian dari strategi Blibli dalam mengembangkan layanan customer care yang memprioritaskan kepuasan pelanggan secara berkelanjutan.
Selain itu, torehan penghargaan pada ajang Global Top Performers Ranking-Asia Pacific 2022 juga menjadi bukti nyata kualitas layanan customer care Blibli yang unggul melebihi standar industri. Mengusung layanan pelanggan berbasis empati yang high tech, high touch, dan personalized, Blibli mengukuhkan eksistensinya sebagai e-commerce of choice dengan pelayanan pelanggan yang melampaui harapan setiap saat.
Hal ini dibuktikan dengan capaian 98 persen pelanggan yang menunggu kurang dari 20 detik untuk dapat tersambung saluran telepon dengan agen customer care Blibli, tanggapan email kurang dari satu jam, serta respons rata-rata media sosial yang kurang dari 10 menit. Seluruh kemampuan tersebut melebihi ekspektasi umum pelanggan menurut riset McKinsey, yang berkisar rata-rata satu jam waktu tunggu untuk tanggapan call center di berbagai platform.
Rangkaian capaian positif yang diraih Blibli Loyalty Team Service (BLITS) pada ajang Global Top Performers Ranking-Asia Pacific 2022, salah satunya, dinilai karena memiliki pendekatan unik dan membawa angin segar di industri dalam menghadirkan pelayanan sepenuh hati bagi pelanggan. Selain itu, BLITS juga dianggap berkomitmen tinggi dalam menjawab kebutuhan dan memenangkan hati pelanggan melalui inisiatif-inisiatif menarik, seperti AHA Moment, inisiatif mengirimkan hadiah di berbagai momen spesial pelanggan, serta ADVES (Adventurous Vegas) berupa gamifikasi self-development diperuntukkan bagi agen customer care dalam mengasah talenta untuk meraih gelar Top Agent setiap bulannya.