Rabu 28 Dec 2022 16:27 WIB

Alasan Kesehatan, Manga Hunter X Hunter Kembali Hiatus 

Togashi tetap akan melanjutkan chapter selanjutnya dari Hunter X Hunter.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Karakter utama Hunter X Hunter, Gon.
Foto: Tangkapan layar
Karakter utama Hunter X Hunter, Gon.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Weekly Shonen Jump baru saja mengabarkan bahwa manga Hunter X Hunter kembali hiatus di Desember 2022 ini. Manga tersebut padahal baru saja muncul kembali di Weekly Shonen Jump Oktober 2022 lalu setelah absen selama bertahun-tahun sejak 2018.

Dalam keterangan resminya di pekan terakhir Desember 2022 ini, Weekly Shonen Jump menyebut bahwa Hunter X Hunter kembali hiatus berkaitan dengan masalah kesehatan Yoshihiro Togashi. Togashi sendiri merupakan kreator dari manga Hunter X Hunter.

Dikarenakan kondisi kesehatannya, Togashi dan Weekly Shonen Jump sepakat untuk tidak akan mempublikasikan serial Hunter X Hunter sesuai dengan jadwal mingguan yang sudah berjalan sejak Oktober 2022 lalu.

"Terima kasih telah membaca Hunter X Hunter. Untuk publikasi chapter 401 dan setelahnya, kami telah berdiskusi dengan Togashi berkaitan dengan kondisi kesehatannya, dan hasilnya kami memutuskan untuk tidak mempublikasi serial Hunter X Hunter dalam format mingguan," kata Weekly Shonen Jump dalam keterangan resminya seperti yang diberitakan ComicBook.

Lebih lanjut, Weekly Shonen Jump menyebut bahwa Togashi tetap akan melanjutkan chapter selanjutnya dari Hunter X Hunter. Meski begitu, Weekly Shonen Jump belum menginformasikan hingga kapan serial Hunter X Hunter hiatus.

"Togashi Sensei akan tetap menulis chapter selanjutnya, dan divisi editorial akan tetap mendukungnya hingga manga tersebut selesai. Tanggal pasti dan format publikasi akan disampaikan di kesempatan selanjutnya oleh Weekly Shonen Jump. Terima kasih karena tetap mendukung Hunter X Hunter," lanjut Weekly Shonen Jump.

Seperti diketahui, manga Hunter X Hunter akhirnya muncul kembali di majalah Weekly Shonen Jump pada Oktober 2022 setelah bertahun-tahun hiatus. Setelah sekitar empat tahun absen dari dunia manga, Hunter X Hunter kembali mengisi halaman Weekly Shonen Jump dengan chapter baru yakni chapter 391 pada Oktober lalu.

Bersamaan dengan kembalinya manga Hunter X Hunter, volume baru yakni volume 37 dari manga versi cetaknya juga baru dirilis pada November 2022. Namun, volume 37 tidak berisi chapter baru yang dirilis di Oktober 2022, melainkan chapter sebelumnya yang belum sempat dicetak dalam bentuk volume.

Volume baru tersebut terdiri dari chapter 381 hingga chapter 390. Pasalnya, 10 chapter itu belum sempat diterbitkan setelah Togashi memutuskan absen menulis Hunter X Hunter di 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement