Kamis 29 Dec 2022 17:48 WIB

Jalur Lalin Selama Nataru Wilayah Malang Dipantau CCTV dan Drone

Terjadi peningkatan volume kendaraan pemudik maupun wisatawan.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Drone (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Drone (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Kondisi arus lalu lintas selama Operasi Lilin Semeru 2023  di wilayah Malang, Jawa Timur, akan dipantau menggunakan drone dan //Closed Circuit Television// (CCTV). Pantauan terutama pada arus lalu lintas di sejumlah titik di Kabupaten Malang.

Kasi Humas Polres Malang, Iptu Ahmad Taufik mengatakan, penggunaan drone dilakukan untuk memantau jalur-jalur yang berpotensi terjadi kemacetan. Dengan demikian, nantinya bisa segera dilakukan penguraian oleh Tim Pengurai Kemacetan (TPK) dari Polantas. "Maupun juga dari Dishub yang siaga di Pos Pengamanan maupun Pos Pelayanan," kata pria disapa Taufik ini di Mapolres Malang, Kamis (29/12/2022).

Menurut Taufik, upaya tersebut perlu dilakukan selama liburan Nataru 2023. Hal ini karena akan terjadi peningkatan volume kendaraan pemudik maupun wisatawan yang menuju Malang Raya.

Dengan menggunakan drone, petugas bisa mengambil tindakan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus apabila terjadi kemacetan panjang. Penggunaan drone tersebut bakal disebar di sejumlah pos.

Hal ini terutama di Pos Pelayanan Karanglo Singosari, Kabupaten Malang. Area tersebut merupakan jalur utama pintu keluar Tol Singosari menuju arah Kota Malang dan Kota Batu.

Kemudian, informasi pantauan arus lalu lintas akan ditayangkan secara langsung melalui media sosial Polres Malang. Dengan demikian, informasi pengalihan arus maupun peningkatan volume kendaraan bisa segera diketahui oleh masyarakat.

"Sehingga bisa bermanfaat bagi pengendara yang akan melintas agar tidak was-was dengan kemacetan saat berkendara," ujarnya.

Di samping itu, Taufik mengimbau para pengguna jalan untuk tertib dalam berlalu lintas. Kemudian juga diminta mengikuti pola rekayasa apabila telah diberlakukan oleh petugas.

Jika menemui kendala dalam perjalanan, masyarakat diharapkan tidak segan meminta bantuan ke pos pengamanan atau pos pelayanan dari kepolisian. Sebagai informasi, Polres Malang telah menyiapkan lima Pos Pengamanan dan satu Pos Pelayanan selama Operasi Lilin Semeru 2023.

Titik-titik tersebut tersebar di Pos Pelayanan Karanglo Singosari, Pos Pengamanan Kepuharjo Karangploso dan Pos Bunut Wetan Pakis. Selanjutnya, juga terdapat Pos Jalibar Kepanjen, Pos Masjid Al Islah Sumberpucung, dan Pos JLS Bantur.

Ia mengungkapkan, para pemudik bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan di Pos Pelayanan Polres Malang. Beberapa di antaranya seperti fasilitas ngopi gratis, pijat gratis, pemeriksaan kesehatan, play ground, hingga vaksin booster Covid-19 gratis.

Dipastikan, Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan siap 24 jam melayani seluruh masyarakat pengguna jalan maupun pemudik selama Nataru 2023. "Dan jangan ragu meminta bantuan kepada petugas yang sedang berjaga," kata dia menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement