Sabtu 31 Dec 2022 09:52 WIB

Sebanyak 23 Puskesmas di Surabaya Buka 24 Jam Saat Tahun Baru

Pada 31 Desember 2022, seluruh Puskesmas akan beroperasi seperti biasa.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Ilustrasi pusat kesehatan masyarakat (puskesmas)
Foto: pixabay
Ilustrasi pusat kesehatan masyarakat (puskesmas)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Dinas Kesehatan Kota Surabaya memastikan, pelayanan kesehatan, khususnya Puskesmas rawat inap akan beroperasi selama 24 jam saat malam tahun baru 2023. Terdapat 23 Puskesmas rawat inap yang disiapkan untuk memberikan pelayanan 24 jam pada malam pergantian tahun.

Dalam rangka antisipasi kejadian pada malam tahun baru dan libur tahun baru, telah disiapkan 23 Puskesmas rawat inap yang dapat memberikan pelayanan 24 jam," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Nanik Sukristina, Jumat (30/12).

Nanik menjelaskan, pada 31 Desember 2022, seluruh Puskesmas akan beroperasi seperti biasa, yaitu pukul 07.00-13.00 WIB. Setelah pukul 13.00 WIB, hanya pelayanan kesehatan di 23 Puskesmas rawat inap yang siap melayani masyarakat selama 24 jam. Ia melanjutkan, untuk penanganan kasus gawat darurat atau bencana, telah disiapkan tim herak cepat (TGC) di 7 Posko dan tim P3K di 2 lokasi, yakni di Bundaran Waru dan Taman Bungkul.

Nanik mengingatkan masyarakat Kota Surabaya bahwa pandemi Civid-19 belum sepenuhnya berakhir. Ia pun mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, serta rutin mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer sebagai upaya pencegahan Covid-19 selama libur tahun baru.

"Jumlah kasus aktif Covid-19 per 28 Desember 2022 sebanyak 93 kasus. Dimana berdasarkan evaluasi indikator PPKM Darurat, Kota Surabaya ada pada level 1," ujarnya.

Adapun rincian 23 puskesmas dengan layanan rawat inap di Kota Surabaya adalah Puskesmas Siwalankerto, Kebonsari, Dukuh Kupang, Pakis, Banyu Urip, Balongsari, Tanjungsari, Manukan Kulon, Sememi, Simomulyo, Kedurus, dan Wiyung, Medokan Ayu, Gunung Anyar, Keputih, Mulyorejo, Sidotopo Wetan, Tenggilis, Krembangan Selatan, Dupak, Jagir, Tanah Kali Kedinding, dan Bulak Banteng.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement