Ahad 01 Jan 2023 06:30 WIB

Diikuti 5.033 Peserta, Kebumen Beach Half Marathon Dimenangi Atlet Kenya

Kegiatan tersebut juga sekaligus untuk mempromosikan wisata Kebumen.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Kebumen Beach Half Marathon yang berlangsung di Pantai Pandan Kuning, Petanahan, Sabtu (31/12/2022) sukses digelar.
Foto: Pemkab Kebumen
Kebumen Beach Half Marathon yang berlangsung di Pantai Pandan Kuning, Petanahan, Sabtu (31/12/2022) sukses digelar.

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN -- Kebumen Beach Half Marathon yang berlangsung di Pantai Pandan Kuning, Petanahan, Kabupaten Kebumen, Sabtu (31/12/2022) sukses digelar. Kegiatan olahraga lari ini diikuti 5.033 peserta dari semua kategori, baik 21K, 10K, dan 4K.

Seorang peserta dari Kenya, Afrika, Samson tampil sebagai juara 1 untuk kategori lari pantai maraton 21K. Ia berhak mendapat hadiah sebesar Rp 3 juta, serta piagam penghargaan, dan medali.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang melepas kegiatan lari maraton tersebut menyampaikan selamat dan terima kasih kepada para pemenang dan seluruh peserta yang sudah mengikuti lomba lari pantai maraton hingga selesai. Ia bersyukur kegiatan berlangsung dengan lancar.

"Saya ucapkan selamat kepada salah satu peserta kita dari Kenya, Samson, jauh dari Afrika jadi juara satu. Ini luar biasa, terima kasih sudah ikut meramaikan kegiatan ini. Terima kasih juga kepada seluruh peserta yang sudah ikut meramaikan, dan panitia yang menyiapkan acara ini. Kita bersyukur acara berlangsung lancar, cuaca mendukung," jelas Bupati.

Dengan diadakan kegiatan ini, Bupati menyatakan telah mampu menggerakkan perekonomian masyarakat. Hal itu dilihat dari banyaknya pedagang kecil yang berjualan.

Kegiatan tersebut juga sekaligus untuk mempromosikan wisata Kebumen di sepanjang pesisir selatan.

"Dengan adanya kegiatan ini secara otomatis ada multiefek yang ditimbulkan, banyak pedagang kecil yang ikut merasakan dampaknya, tukang parkir juga jadi punya penghasilan, wisata Kebumen juga jadi ramai, bahkan banyak warga yang menyediakan homestay untuk para peserta. Ekonomi pun semakin bergerak maju," ujarnya.

Diketahui, Kebumen Beach Half Marathon merupakan rangkaian dari kegiatan Kebumen Mendegam pada akhir tahun. Selain lari, Kebumen Mendegam juga menghadirkan artis papan atas yakni Slank dan Happy Asmara. Mereka manggung di Alun-alun Kebumen untuk menghibur masyarakat dari belbagai daerah.

"Tentu kegiatan ini juga bisa mengeliatkan lagi perekonomian masyarakat," jelasnya.

Secara keseluruhan, Kebumen Beach Half Marathon kelas master kategori 21K  juara 1 Samson dari Kenya, juara 2 Ranto dari Banyumas, juara 3 Irwandi Fokatea dari Maluku utara. Adapun kategori 10 K, juara 1 Fridolin Abraham Nomleni, dari Kupang NTT, juara 2 Wartono dari Blora, dan juara 3 Achmad Badriyanto dari Magelang.

Semua peserta dari seluruh katagori berkesempatan mendapat doorprize dengan berbagai macam hadiah, seperti sepeda ontel, sepeda motor, kulkas, kipas angin, kompok, dan lain-lain serta doorprize utamanya yakni satu unit mobil listrik.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement