Kamis 05 Jan 2023 09:37 WIB

Sedimentasi Sungai Kaligarang Tinggi, Warga Diminta Waspada

Curah hujan yang sangat tinggi masih akan berlangsung di wilayah Kabupaten Semarang.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi
Anggota Sat Brimob Polda Jawa Tengah dikerahkan untuk menangani lumpur sisa luapan sungai Kaligarang di lingkungan Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Rabu (4/1/2023) malam.
Foto: Republika/bowo pribadi
Anggota Sat Brimob Polda Jawa Tengah dikerahkan untuk menangani lumpur sisa luapan sungai Kaligarang di lingkungan Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Rabu (4/1/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Warga yang bermukim di sekitar bantaran sungai Kaligarang, di wilayah Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang diminta waspada terhadap potensi banjir akibat luapan air sungai ini.

Cuaca ekstrem yang ditandai dengan hujan dengan intensitas lebat serta durasi yang lama berpotensi mengakibatkan debit air sungai Kaligarang meningkat dengan tajam.

Bupati Semarang, H Ngesti Nugraha mengungkapkan, luapan air sungai Kaligarang, di samping SMKNU Ungaran dan menggenangi beberapa pemukiman warga, Rabu (4/1/2023) malam, menjadi peringatan.

"Setelah kita cek di lokasi semalam, ternyata luapan air sungai tersebut akibat sedimentasinya yang sudah cukup tinggi," ungkapnya, di Ungaran, Kabupaten Semarang, Kamis (5/1/2023).

Untuk itu, lanjut Ngesti, warga yang tinggal di bantaran sungai Kaligarang di wilayah Kabupaten Semarang agar selalu waspada pada saat hujan turun dengan intensitas lebat.

Terlebih prediksi cuaca dari BMKG, curah hujan yang sangat tinggi masih akan berlangsung di wilayah Kabupaten Semarang. "Saya minta masyarakat meningkatkan kewaspadaan," katanya

Terkait dengan tingginya sedimentasi di sungai Kaligarang ini, bupati akan berkoordinasi dengan pemangku kebijakan sungai agar ada upaya pengurangan sedimentasi. Sehingga badan sungai Kaligarang ini akan kembali optimal untuk menampung lonjakan debit air sungai, khususnya pada saat curah hujan cukup tinggi. 

Kepada masyarakat yang berada di kawasan DAS Kaligarang juga diimbau untuk ikut menjaga dan merawat kelestarian lingkungan sungai agar tidak memperparah sedimentasi yang terjadi. "Kita harus bersama- sama menangani problem lingkungan kawasan sungai ini, agar bencana alam yang dampaknya lebih besar bagi kehidupan dapat dihindari," tambah Ngesti.

Terkait tingginya curah hujan, bupati juga mengimbau seluruh aparat desa siaga dan aktif menginformasikan situasi yang ada di lingkungannya. "Terutama yang wilayahnya rawan longsor dan banjir," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement