Senin 09 Jan 2023 06:29 WIB

KAI Daop 5 Purwokerto Tambah Perjalanan KA Baturraden Ekspress Hingga 11 Januari 2023

Tingkat okupansi tertinggi terjadi pada tanggal 24 Desember 2022.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Ilustrasi rel kereta api.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ilustrasi rel kereta api.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- KAI Daop 5 Purwokerto menambah operasi layanan KA Baturraden Ekspres hingga tanggal 11 Januari 2023. KA Baturraden Ekspress dijalankan kembali adalah untuk mengakomodir pelanggan yang ingin bepergian menggunakan moda transportasi KA dengan tujuan Bandung.

"Hal ini kami tempuh karena melihat animo masyarakat yang cukup tinggi untuk menggunakan layanan KA Baturraden Ekspress. Sejak dioperasikannnya kembali KA Baturraden Ekspress pada 21 Desember 2022 lalu, okupansi pelanggan yang menggunakan KA tersebut menunjukkan tren yang positif," jelas Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Krisbiyantoro, dalam keterangan tertulisnya, Ahad (8/1/2023).

Daop 5 Purwokerto mencatat tingkat okupansi tertinggi terjadi pada tanggal 24 Desember 2022 lalu sebanyak 482 pelanggan. Tercapai sebesar 114,76 persen dari jumlah ketersediaan tempat duduk sebanyak 420 TD.

Adapun berdasarkan data pada tanggal 8 Januari 2023 pada pukul 15.00 WIB hingga berita ini diturunkan total sebanyak 6.655 pelanggan yang menggunakan KA Baturraden Ekspress atau rata-rata perhari sebanyak 350 pelanggan.

Selain itu KAI Daop 5 Purwokerto juga memberikan kelas layanan yang berbeda pada KA Baturraden Ekapress karena selama ini untuk menuju Stasiun Bandung masyarakat hanya dilayani oleh satu kereta api kelas ekonomi yaitu KA Serayu.

Adapun relasi perjalanan KA Baturraden Ekspress yang semula berangkat dari Stasiun Purwokerto-Cikampek-Bandung PP berubah menjadi keberangkatan dari Stasiun Purwokerto-Kroya-Tasikmalaya-Bandung PP.

"Guna optimalisasi okupansi angkutan penumpang dengan memanfaatkan idle seat pada relasi tertentu, maka diberlakukan pula tarif khusus pada KA Baturraden Ekspress," ujar Krisbiyantoro.

Relasi tertentu tersebut di antaranya untuk perjalanan dari Purwokerto-Kroya dan arah sebaliknya maka pelanggan akan mendapatkan tarif khusus sebesar Rp 35 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp 30 ribu untuk kelas bisnis. Sedangkan untuk relasi Kroya-Tasikmalaya dan arah sebaliknya untuk tarif khusus sebesar Rp 90 ribu kelas eksekutif dan Rp 70 ribu untuk kelas bisnis.

“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan perjalanan KA Baturraden Ekspress tersebut sekaligus perjalanan KA lainnya karena KAI terus berkomitmen untuk menyediakan moda transportasi yang sehat, selamat, aman dan nyaman,” kata Krisbiyantoro.

Informasi terkait perjalanan KA dan pemesanan tiket KA Baturraden Ekspress untuk keberangkatan tanggal 9 Januari 2023 sampai dengan 11 Januari 2023 sudah dapat dilayani dan dipesan melalui aplikasi KAI Access maupun kanal resmi yang bekerjasama dengan PT KAI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement