Senin 09 Jan 2023 20:28 WIB

Pacitan Gempa 5,9 Magnitudo, Getarannya Terasa Hingga Yogyakarta

Pacitan gempa pada Senin pukul 19.26 WIB.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Karta Raharja Ucu
Pacitan dilanda gempa, Senin (9/1/2023). Gempa yang melanda Pacitan berkekuatan 5,9 magnitudo terasa hingga Provinsi DIY.
Foto: Reuters
Pacitan dilanda gempa, Senin (9/1/2023). Gempa yang melanda Pacitan berkekuatan 5,9 magnitudo terasa hingga Provinsi DIY.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Gempa bumi berkekuatan 5,9 magnitudo terjadi di Pacitan, Jawa Timur, Senin (9/1) malam. Getaran gempa di Pacitan tersebut terasa hingga Provinsi DIY.

Warga Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, hingga Kabupaten Sleman menyebut merasakan getaran gempa tersebut. Salah satunya Arumruri (44) yang ikut merasakan getaran gempa. Meskipun begitu, getaran yang dirasakan tidak terlalu kencang.

Arumrui yang saat itu tengah berada di dalam ruangan kantor di Kota Yogyakarta, langsung keluar karena merasakan gempa. "Ada gempa, saya merasakan mungkin sekitar tiga detik," kata Alfi di Kotabaru, Kota Yogyakarta, Senin (9/1) malam.

Bahkan, juga banyak warga DIY yang merasakan gempa dan membuat status di media sosialnya. Isti (38) yang merupakan warga Kabupaten Sleman juga mengaku merasakan getaran gempa.

"Iya, saya tadi merasakan gempa. Tapi getarannya tidak terlalu kencang, kita seperti ayun-ayun gitu," ujarnya.

BMKG melaporkan bahwa gempa bumi di Pacitan terjadi pada pukul 19.26 WIB. Episenter gempa bumi berlokasi Pada jarak 107 kilometer tenggara Pacitan, yakni pada kedalaman 10 kilometer.

"Dalam beberapa menit pertama setelah gempa, parameter gempa dapat berubah dan boleh jadi belum akurat, kecuali telah dianalisis ulang oleh seismolog," tulis BMKG dalam akun Twitter resminya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement