Selasa 10 Jan 2023 07:35 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Cilacap-KAI DAOP 5 Purwokerto Tandatangani Kesepakatan 

KAI Daop 5 telah menambahkan dua pemberangkatan baru.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Logo PT KAI
Foto: kai.id
Logo PT KAI

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Pemkab Cilacap dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto menandatangani Naskah Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama dalam rangka mempererat hubungan dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Penjabat Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar dengan Vice President PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto Daniel Johanes Hutabarat dan Kepala BPBD Cilacap Wijonardi di Ruang Gadri Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Senin (9/1/2023).

Objek kesepakatan bersama ini adalah kerja sama peningkatan kualitas pelayanan publik dalam bidang kebencanaan, infrastruktur, dan transportasi. Adapun ruang lingkup kerja sama ini antara lain peningkatan kapasitas dan pemanfaatan sumber daya, penyelenggaraan penanggulangan bencana, pembangunan dan pemeliharaan jalan, dan bidang lain yang disepakati.

"Saya berharap perjanjian kerja sama dari tindak lanjut kesepakatan bersama ini dapat terealisasi dan berjalan secara efektif, sehingga mampu memberikan dampak nyata yang dapat dirasakan secara langsung oleh kedua belah pihak dan terutama kepada masyarakat," ujar Pj Bupati Cilacap Yunita.

Menanggapi hal tersebut, Vice President KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johanes Hutabarat, mengatakan telah ada beberapa inovasi yang dilakukan oleh PT KAI (Persero) DAOP 5 Purwokerto dan akan terus meningkatkannya.

Untuk mengembangkan stasiun Cilacap, beberapa waktu lalu KAI Daop 5 telah menambahkan dua pemberangkatan baru, yaitu KA Joglosemarkerto dan KA Kamandaka. KAI Daop 5 juga mengaktifkan kembali Stasiun Gumilir yang sudah tujuh tahun tidak beroperasi.

"Dalam waktu dekat, kami berencana dapat memberangkatkan penumpang juga dari Stasiun Jeruklegi. Kami berharap dapat terus bekerja sama dalam pengembangan penumpang serta memaksimalkan aset yang kami miliki," jelas Daniel.

Sebelumnya, PT KAI (Persero) DAOP 5 Purwokerto juga telah bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap saat terjadi bencana longsor di Jeruklegi dan Kawunganten dengan mengarahkan masyarakat ke jalur evakuasi sementara jalur kereta api yang rusak diperbaiki.

Ke depannya, PT KAI (Persero) DAOP 5 Purwokerto akan terus memaksimalkan kinerja stasiun di Cilacap agar dapat mendukung kegiatan pariwisata yang ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement