Selasa 10 Jan 2023 08:56 WIB

Korlantas Polri Bantu Bus Layanan SIM Keliling Polres Trenggalek

Layanan bus SIM keliling itu hanya untuk perpanjangan SIM.

Sejumlah warga antre untuk membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) di mobil Pelayanan SIM Keliling (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Adiwinata Solihin
Sejumlah warga antre untuk membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) di mobil Pelayanan SIM Keliling (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TRENGGALEK -- Jajaran Satlantas Polres Trenggalek kini memiliki armada bus khusus untuk penyediaan jasa layanan SIM keliling. Sehingga tidak bergantung lagi pada pinjaman armada dari satuan atas.

Alhamdulillah. Dulu setiap mau mengadakan program layanan SIM keliling gratis ke masyarakat, kami harus pinjam ke satuan atas. Kini tidak lagi, sebab sudah ada bus pelayanan SIM sendiri," kata Kasat Lantas Polres Trenggalek AKP Yudiyono di Trenggalek.

Dijelaskan, armada bus layanan SIM keliling itu merupakan bantuan Korlantas Polri. Proyeksinya, armada bus layanan SIM keliling itu dioperasionalkan ke kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Yudiyono berharap unit ini bisa mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat. Hal ini mengingat kondisi medan dan topografi wilayah di Kabupaten Trenggalek yang berbukit atau bergunung.

Jarak pelayanan SIM di tengah kota dengan daerah-daerah tertentu cukup jauh sehingga membutuhkan biaya banyak.

"Bukan itu saja. Kondisi jalan yang banyak tikungan, tanjakan, maupun turunan tajam cukup rentan berisiko menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Untuk itu, bus pelayanan SIM keliling ini nantinya akan beroperasi keliling kecamatan se-Trenggalek. Bahkan jika memungkinkan bisa menjangkau pedesaan,” imbuh dia.

Masyarakat di pelosok desa bisa memanfaatkan layanan bus SIM keliling itu dan tak perlu mendatangi pelayanan SIM di wilayah kota sehingga bisa memangkas waktu dan biaya.

Hanya saja untuk sementara waktu, Yudi menambahkan layanan bus SIM keliling itu hanya untuk perpanjangan SIM. Untuk pembuatan SIM baru, pemohon harus mengurus ke kantor Satpas SIM di sisi timur Mapolres Trenggalek.

Kapolres Trenggalek, AKBP Alith Alarino menyebut, Polres Trenggalek juga mendapatkan sebuah mobil unit mobil patwal selain bus pelayanan SIM keliling dari Korlantas Polri.

Mobil patwal itu nantinya akan digunakan sebagai kendaraan patroli dan pengawalan Unit Turjawali. Sedangkan untuk bus SIM keliling itu bakal diserahkan kepada Satpas.

"Harapan saya, dengan hadirnya dua armada baru ini, jajaran Satlantas semakin meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. Baik itu patroli untuk memberikan rasa aman dan nyaman maupun pelayanan pengurusan SIM yang mudah dan cepat," kata Alith.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement