Rabu 11 Jan 2023 13:07 WIB

Menkominfo Dorong Industri Sediakan STB dengan Harga Terjangkau

Sisi penawaran berdampak pada harga STB di masyarakat.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Fernan Rahadi
Warga membeli set top box (STB) untuk migrasi dari TV analog ke TV digital di salah satu toko elektronik di kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (9/11/2022).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga membeli set top box (STB) untuk migrasi dari TV analog ke TV digital di salah satu toko elektronik di kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (9/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mendorong industri menyediakan ketersediaan set top box (STB) dengan harga terjangkau. Ini disampaikan Johnny menyusul telah dihentikannya siaran televisi analog atau analog switch off (ASO) di 265 wilayah dari 514 wilayah.

"Kita sudah melakukan Analog Switch Off di banyak wilayah dan banyak masukan dari masyarakat. Salah satu input yang kita monitor dan menjadi perhatian pemerintah adalah distribusi dan ketersediaan STB serta harga yang terjangkau," ujar Johnny saat rapat bersama perwakilan kementerian, Lembaga Penyiaran Publik TVRI, penyelenggara multipleksing dan industri dikutip pada Rabu (11/1/2023).

Pemerintah kata Johnny, terus melanjutkan migrasi siaran televisi analog ke digital untuk 249 wilayah lain. Johnny pun mendorong ekosistem industri untuk memperhatikan distribusi STB dan ketersediaan perangkat untuk mendukung akses masyarakat ke siaran televisi digital.

"Kita minta ini dikoordinasikan bersama-sama dengan asosiasi untuk diperhatikan dan perlu ditindaklanjuti agar bagaimana dengan perusahaan-perusahaan memproduksinya sehingga tersedia supply side yang cukup," ujarnya.

Sekjen Partai Nasdem ini menjelaskan dari sisi penawaran (supply) berdampak pada harga STB di masyarakat. Karena itu, perlu langkah strategis agar dapat menghadirkan harga STB yang terjangkau bagi masyarakat.

"Karena ada kelompok masyarakat yang membeli sendiri dan memasang sendiri sangat concern dengan ini, ada juga kelompok masyarakat yang harus mendapat STB gratis tetapi tidak atau belum didistribusikan dan diinstalasi," ujarnya.

Sejumlah wilayah yang telah selesai melaksanakan ASO antara lain Jabodetabek, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Belitung, Bintan, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Bandung Barat, Cimahi, Boyolali, Sragen, Grobogan, Kudus, Demak, Semarang, Salatiga, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar, Surakarta, Kulon Progo, Bantul, Gunungkidul, Sleman, Yogyakarta.

Ada juga Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Lamongan, Gresik, Bangkalan, Pasuruan, Mojokerto, Surabaya, Timor Tengah Utara, Belu, Malaka, Sintang, Tapin. Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, Nunukan, Bolaang Mongondow, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow Timur, Kotamobagu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement