Kamis 12 Jan 2023 07:21 WIB

Sambut Bulan K3 Nasional, KAI Daop 5 Purwokerto Gelar Donor Darah

Kegiatan ini digelar Kamis (12/1/2023) pukul 08.00-12.00 WIB di Stasiun Purwokerto.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Kegiatan donor darah yang dilaksanakan KAI Daop 5 Purwokerto di Stasiun Purwokerto.
Foto: Dok. KAI Daop 5
Kegiatan donor darah yang dilaksanakan KAI Daop 5 Purwokerto di Stasiun Purwokerto.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Untuk menyambut Bulan K3 Nasional Tahun 2023, PT KAI Daop 5 Purwokerto bekerja sama dengan PMI Kabupaten Banyumas akan menggelar kegiatan donor darah. Kegiatan donor darah ini akan diselenggarakan pada hari Kamis (12/1/2023) pukul 08.00-12.00 WIB di Stasiun Purwokerto.

VP Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat menjelaskan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah kegiatan yang menjamin dan melindungi keselamatan serta kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

"Dan sebagai wujud dukungan sekaligus implementasi yang berkesinambungan, maka Daop 5 Purwokerto akan menggelar kegiatan donor darah,” jelas VP Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat, Rabu (11/1/2023).

Kegiatan donor darah ini ditujukan tidak hanya terbatas untuk kalangan pekerja KAI Daop 5 Purwokerto, namun juga terbuka untuk umum. Masyarakat di sekitar stasiun diharapkan dapat menyasar para pelanggan KA yang sedang menunggu kedatangan KA apabila ingin berpartisipasi.

Adapun syarat dan ketentuan pendonor ialah:

 

1. Usia Minimal 17 Tahun

2. Maksimal 60 hari setelah donor darah terakhir

3. Tidak sedang hamil

4. Tidak sedang mengkonsumsi obat-obatan selain vitamin

5. Obat-obatan dapat diminum setelah pengambilan darah

 

Harapan dari terlaksananya kegiatan ini yaitu mampu menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama, karena tetesan darah yang diberikan akan sangat berarti bagi kehidupan orang lain. Selain itu melakukan donor darah bermanfaat pula untuk kebugaran tubuh.

Daniel menambahkan, selain untuk membantu PMI dalam penambahan stok darah yang ada tentunya juga diharapkan dapat menggugah kesadaran terhadap peringatan bulan K3 kepada masyarakat luas.

"Untuk itu kami mengajak seluruh pekerja di lingkungan KAI Daop 5, masyakat dan pelanggan KA untuk beramai-ramai dapat berpartisipasi dalam kegiatan donor darah yang akan kami selenggarakan esok hari," kata Daniel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement