Kamis 12 Jan 2023 08:22 WIB

Jelang Piala Dunia U20, Stadion Manahan Mulai Direnovasi 16 Januari

Poin perbaikan meliputi rumput, tribun penonton, toilet, dan lainnya.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Stadion Manahan dan empat lapangan pendukung lainnya di Kota Solo bakal direnovasi untuk persiapan perhelatan Piala Dunia U20 pada Mei 2023. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo, Rini Kusumandari menyebut, renovasi seluruh venue mulai 16 Januari mendatang.

Kelima venue tersebut meliputi Stadion Manahan, Stadion Sriwedari, Lapangan Kota Barat, Sriwaru, dan Banyuanyar. "Karena Solo menjadi salah satu venue. Kita akan persiapkan, semua venue akan direnovasi," katanya, Kamis (12/1/2023).

Rini mengungkapkan, poin perbaikan ini meliputi rumput, tribun penonton, toilet, penambahan CCTV, dan lainnya. Namun dari pihak FIFA juga akan menambah beberapa poin penyesuaian.

Maka terkait hal itu, per Januari hingga Juni 2023 masyarakat tidak bisa menggunakan lima lapangan tersebut. "Renovasi itu sampai awal April. April harus steril. Kemudian dipakai Piala Dunia mulai Mei hingga Juni," terang dia.

Rini juga menjelaskan bahwa sebelumnya pihak FIFA melakukan inspeksi lanjutan setiap venue pada Rabu (11/1). Hal ini untuk menentukan bagian-bagian dari venue yang perlu untuk direnovasi.

Inspeksi itu adalah yang terakhir sebelum penyelenggaraan Piala Dunia bergulir.  "Kami baru akan melakukan perbaikan setelah inspeksi terakhir. Stadion akan kita tutup selama perbaikan," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut dirinya telah menandatangani dokumen terkait dengan renovasi Stadion Manahan.

"Manahan segera diperbaiki. Semua aktivitas tidak ada bisa di situ. Nanti tak lihat dulu sudah ada timeline-nya pengerjaannya, pengusungnya, kapan saja nanti biar disampaikan Dispora, tenang wae," ujar Gibran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement