Kamis 12 Jan 2023 16:35 WIB

Dapat Tempat Baru, Pedagang Shelter Manahan Solo Mulai Pindah

Pengerjaan Shelter Manahan menyisakan pemasangan pernak-pernik.

Pedagang menjajakan makanan di kawasan Manahan, Solo, Jawa Tengah.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pedagang menjajakan makanan di kawasan Manahan, Solo, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Para pedagang kaki lima (PKL) Shelter Manahan Solo mulai pindahan menyusul telah selesainya pembangunan tempat berjualan yang bersebelahan dengan Stadion Manahan tersebut.

Salah satu pedagang jus buah Sri Purwani mengatakan sudah mulai berjualan di Shelter Manahan sejak dua hari lalu. "Senang, dapat tempat yang baru. Walaupun lebih kecil dari sebelumnya," katanya.

Ia mengatakan karena lokasi yang digunakan berjualan tidak sama dengan lokasi lama, membuatnya harus mencari pelanggan baru lagi. "Babat alas lagi, tapi nggak apa-apa. Mudah-mudahan kalau semua sudah buka insyaallah tambah ramai," katanya.

Selain senang memperoleh tempat baru yang lebih bersih, ia juga merasa diringankan karena meja dan kursi untuk makan para pembeli sudah disediakan oleh pemerintah. "Etalasenya juga seragam. Ini kami tinggal masuk saja," katanya.

Ia yang berjualan dari pukul 08.00-17.00 WIB tidak mempermasalahkan dengan adanya sistem sif atau pembatasan jam berjualan. Meski demikian, ia meminta pedagang lain yang berjualan saat malam agar tetap menjaga kebersihan.

Pedagang lain, Surati mengatakan sudah berjualan di Shelter Manahan sejak 2009. Ia juga senang dengan lokasi barunya yang lebih bersih. "Alhamdulilah senang banget, tempatnya bagus, lebih bersih, lebih rapi, sayangnya kecil," katanya.

Mengingat lokasinya yang lebih kecil, dikatakannya, pedagang harus pintar-pintar menata perabotan, apalagi jika jumlah perabotan cukup banyak.

"Ini saya baru mulai pasang kompor, mulai jualannya mungkin dua hari lagi. Ini menata dulu," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan untuk pengerjaan Shelter Manahan menyisakan pemasangan pernak-pernik.

"Shelter Manahan sudah mulai dipasang pernak-pernik, tak kejar minggu-minggu ini (pembukaan Shelter Manahan)," ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement