Ahad 22 Jan 2023 09:39 WIB

Barongsai Hingga Wayang Potehi Meriahkan Imlek di Surabaya

Atraksi seni itu bisa menjadi salah satu alternatif hiburan akhir pekan.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Kelompok seni Barongsai menghibur pengunjung (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
Kelompok seni Barongsai menghibur pengunjung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Dalam memeriahkan Tahun Baru Imlek, Pemkot Surabaya menggelar berbagai penampilan seni dan budaya yang bisa dinikmati secara gratis oleh masyarakat di Kota Pahlawan. Di antaranya Barongsai, Leang Leong, dan Wayang Potehi yang dipusatkan di Alun-Alun Kota Surabaya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan, penampilan seni tersebut digelar di Halaman Tengah Alun-Alun Surabaya dan Gedung Balai Budaya. Wiwiek berharap, berbagai tampilan seni dan budaya yang digelar tersebut bisa menjadi salah satu alternatif hiburan akhir pekan bagi masyarakat di Kota Pahlawan.

"Semua tampilan seni dan budaya tidak dipungut biaya atau gratis, jadi monggo (silakan) hadir," kata dia. Wiwiek melanjutkan, setiap akhir pekan di Januari 2023, pihaknya juga menggelar berbagai tampilan seni dan budaya lainnya.

Yakni, pada 28 Januari 2023 terdapat penampilan musik angklung mulai pukul 15.00 WIB sampai 17.00 WIB di Plaza Timur Alun-Alun Surabaya. "Serta pada 29 Januari 2023, ada penampilan Srimulat di Gedung Balai Budaya mulai pukul 19.00 WIB sampai 21.00 WIB. Masyarakat bisa hadir menyaksikan penampilan tersebut pada akhir pekan secara gratis," ujarnya.

Ia pun mengimbau para seniman dan anak muda di Kota Pahlawan untuk memanfaatkan kompleks Alun-Alun Surabaya, seperti Balai Pemuda dan Gedung Balai Budaya, sebagai pusat kesenian dan budaya. Disbudporapar, kata dia, memberi ruang bagi seniman dan anak muda untuk menampilkan karya terbaiknya.

"Tentunya agar mereka bisa berkreasi. Maka kami menyediakan ruang menyalurkan kreasinya," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement