Kamis 26 Jan 2023 18:57 WIB

Positif dan Negatif Mainan Lato-Lato, Bisa Gantikan Gawai?

Lato-lato diperuntukkan bagi anak kelas IX sampai XII di Amerika Serikat.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Fernan Rahadi
Lato-Lato
Foto: New York Times
Lato-Lato

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis anak, Eny Febrianti mengatakan sebuah mainan bisa seperti pisau bermata dua, memiliki efek negatif dan positif. Pun demikian dengan mainan lato-lato yang sangat diminati anak-anak saat ini.

Hampir setiap waktu, kita bisa mendengar lato-lato. Rupanya, lato-lato memiliki efek positif dan negatif untuk anak.

"Ada efek positif dan negatif bermain lato-lato," kata Eny dalam webinar 'Plus Minus Latto Latto Bagi Mental dan Otak Anak' disimak di Jakarta, Kamis (26/1/2023).

Efek positif dari mainan yang pernah populer pada 1960-1970-an itu, pertama, melatih motorik halus, ketangkasan, dan konsentrasi anak. Kedua, membutuhkan keterampilan dan keahlian khusus. Ketiga, mainan yang disebut clackers ball itu dapat mendistraksi anak dari gawai. Sementara itu, efek negatif dari lato-lato, misalnya dapat membahayakan anak dan orang lain, malas melakukan kegiatan permainan fisik lainnya, dan polusi udara.

 

Dokter di Instalasi Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja RSJ Dr. Soeharto Heerdjan Grogol, Isa Multazam Noor menjelaskan lato-lato adalah salah satu mainan ketangkasan dengan menggunakan tangan. Namun, Isa mengatakan ada hal-hal yang menjadi minus dari lato-lato. Pertama, suara yang ditimbulkan dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa jika dimainkan di sekolah. Kedua, faktor keselamatan jika dimainkan tidak sesuai aturan cara memainkannya.

Ketiga, lato-lato diperuntukkan bagi anak kelas IX sampai XII di Amerika Serikat. Ada unsur keselamatan dan kepatuhan aturan main. Keempat, jika talinya putus, maka bola dapat terlempat ke kerumunan anak. Kelima, lato-lato dapat menimbulkan cedera pada anak, misalnya wajah, jari, dan tangan.

"Lato-lato idealnya yang ada cakramnya (bukan tali saja), cukup aman, karena ada pegangannya. Setiap mainan ada unsur membahayakan atau tidak bahaya, makanya orang tua harus meminimalisir," ujar Isa.

Isa mengatakan lato-lato mengeluarkan suara yang memekakkan telinga saat dimainkan. Meski demikian, lato-lato mendorong rasa yang menyenangkan, dan membuat ketagihan dan penasaran. Anak-anak harus hati-hati memainkan lato-lato agar tidak terkena bagian tubuh tertentu. Di Amerika Serikat, lato-lato digolongkan mainan dengan bahaya mekanis.

Sementara itu, Isa menjabarkan sisi positif mainan lato-lato. Pertama, sebagai media belajar selingan agar proses belajar mengajar tidak monoton. Kedua, gerakan dalam permainan lato-lato disinyalir juga menjadi pemicu untuk menstimulasi fungsi motorik anak. Ketiga, saat bermain lato-lato, pemain harus menggerakkan tangannya dengan seimbang agar menghasilkan permainan yang baik.

Keempat, saat gerakan ini berlangsung, setidaknya terjadi fokus kordinasi antara kognitif dan motorik anak yang berdampak baik terhadap percapaian perkembangannya. Kelima, gerakan secara langsung bermanfaat untuk sistem saraf yang bermuara pada pembelajaran.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement