Senin 06 Feb 2023 08:07 WIB

Sandiaga Uno: Yogyakarta Sukses Jadi Tuan Rumah ATF 2023

Yogyakarta meninggalkan kesan mendalam bagi para delegasi.

Wakil Presiden Maruf Amin saat meresmikan pembukaan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 di Kompleks Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (3/02/2023). 
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Wakil Presiden Maruf Amin saat meresmikan pembukaan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 di Kompleks Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (3/02/2023). 

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan Yogyakarta sukses sebagai tuan rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang digelar 3 sampai 5 Februari 2023.

"Pada 20 tahun yang lalu (ATF) juga di Yogyakarta dan tahun ini digelar di tempat yang sama dan sukses," ujar Sandiaga usai acara jamuan makan malam delegasi ATF 2023 di Keraton Yogyakarta, Ahad (6/2/2023) malam.

Sandiaga menilai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta warga Yogyakarta telah menjalankan peran sebagai tuan rumah yang baik, bahkan meninggalkan kesan mendalam bagi para delegasi.

"Kami mengucapkan banyak apresiasi kepada Sultan dan masyarakat Yogyakarta yang telah menjadi tuan rumah yang sangat baik, tuan rumah yang sangat menerima dan meninggalkan kesan yang sangat mendalam bagi para menteri (ASEAN)," ujarnya.

 

Menurut Sandiaga, sejumlah menteri pariwisata negara-negara ASEAN mengaku terpukau dengan jamuan makan malam beserta tarian Beksan Ajisaka di Keraton Yogyakarta.

"Tadi para menteri juga menyampaikan bahwa mereka tidak akan pernah melupakan malam ini dan ini meninggalkan pengalaman yang sangat berkesan bagi para menteri," kata dia.

Sementara itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berterima kasih kepada pemerintah pusat yang kembali memilih Yogyakarta sebagai tuan rumah ATF.

Sultan meyakini ATF 2023 bakal menjadi episode baru kerja sama pariwisata yang lebih hangat, bermanfaat, dan bermartabat bagi negara-negara ASEAN dan mitranya.

"Saya berterima kasih atas kepercayaan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata atas terselenggaranya ATF 2023 di Yogyakarta. Semoga peristiwa ini lebih memberikan semangat untuk kita di bidang pariwisata dan maju," kata Ngarsa Dalem, sapaan Sultan HB X.

ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang berlangsung di Yogyakarta, 3-5 Februari 2023 merupakan kegiatan pariwisata terbesar di kawasan ASEAN yang rutin digelar setiap tahun.

Kehadiran ATF menjadi ruang kerja sama antara negara-negara anggota ASEAN untuk mempromosikan wilayah ASEAN sebagai salah satu tujuan wisata.

ATF 2023 menyepakati berbagai upaya kolaborasi negara-negara ASEAN untuk memperkuat implementasi strategi pariwisata di kawasan itu (ASEAN Tourism Strategic Plan/ATSP)

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement