Jumat 10 Feb 2023 22:28 WIB

Gelar Career Expo, UMJ Coba Hubungkan Lulusan PT dengan Perusahaan

Terdapat 30 mitra perusahaan dalam Career Expo UMJ

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melalui Career Center menggelar Career Expo pada 7-8 Februari 2023 di Gedung Cendekia UMJ.
Foto: dokpri
Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melalui Career Center menggelar Career Expo pada 7-8 Februari 2023 di Gedung Cendekia UMJ.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melalui Career Center menggelar Career Expo, sebuah wadah yang menghubungkan lulusan perguruan tinggi khususnya UMJ dengan perusahaan pencari pekerja.  Sebagaimana tagline Career Expo UMJ, connecting opportunities, UMJ mencoba untuk menghubungkan peluang lulusan perguruan tinggi dan perusahaan. Career Expo UMJ 2023 terlaksana atas kerja sama dengan Disnaker Tangerang Selatan. UMJ Career Expo resmi dibuka oleh Wali Kota Tangerang Selatan,  Benyamin Davnie, Selasa (7/2/2023). 

Sebanyak 30 mitra perusahaan yang utamanya tersebar di wilayah Jabodetabek terdiri dari berbagai bidang bisnis mulai dari otomotif, food and beverage, finance, jasa, dan lain-lain. Selain booth perusahaan, para pencari peluang karier juga disuguhkan dengan talkshow interaktif bersama narasumber yang merupakan praktisi dan akademisi dari berbagai latar belakang. Bertempat di Gedung Cendekia UMJ, Career Expo menjadi magnet bagi mahasiswa dan alumni UMJ yang tidak hanya menjadi pekerjaan tapi juga peluang karier. 

Wali Kota Tangerang Selatan,  Benyamin Davnie mengapresiasi UMJ yang memilih diksi Career Expo. Menurutnya, karier adalah hal yang berjenjang dan berkelanjutan. Menurutnya Career Expo semakin lengkap dengan sesi talkshow dengan praktisi dan akademisi yang berasal dari berbagai latar belakang. 

Benyamin memberikan semangat kepada para mahasiswa untuk memanfaatkan peluang ini. "Mari kita tingkatkan daya saing masing-masing karena yang membedakan dengan para pencari kerja lain adalah kemampuan yang bisa ditawarkan di dunia kerja," katanya.

Kepala Bagian Career Center, Anis Setiyanti,  menyampaikan  kegiatan tersebut merupakan Career Expo pertama UMJ setelah pandemi. Terdata lebih dari 2.000 pencari peluang karir baik alumni UMJ maupun umum, telah mendaftarkan diri untuk bergabung di UMJ Career Expo. Anis mengungkapkan 28 mitra perusahaan didukung oleh Disnaker (Dinas Ketenagakerjaan) Kota Tangerang Selatan, IKALUM UMJ (Ikatan Alumni UMJ) maupun perusahaan yang telah menandatangani kontrak MoU dengan UMJ. “Mudah-mudahan kedepannya acara ini akan terus berlangsung di UMJ secara rutin,” ujar Anis. 

Sementara itu Rektor UMJ, Ma’mun Murod, menyampaikan bahwa UMJ di samping menggelar Career Expo, juga sedang membangun kerja sama dengan Kementrian Ketenagakerjaan dan Menteri Investasi yang akan membekali soft skill kepada mahasiswa. Ma'mun berharap kegiatan UMJ Career Expo dapat berlangsung secara rutin di UMJ. 

Salah satu peserta UMJ Career Expo 2023, Novita Nur Anggraini mengatakan  dengan adanya kegiatan tersebut sangat membantu para pencari kerja maupun mahasiswa. "Ini dapat membantu job seeker untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan passion yang dimiliki, memberikan insight baru untuk mahasiswa khususnya tingkat akhir mengenai dunia kerja. Juga pastinya dapat meningkatkan pengetahuan tentang personal branding dengan mengikuti talkshow yang menarik," ujarnya.

Career Expo digelar selama dua hari sejak 7-8 Februari 2023 di Gedung Cendekia UMJ. Selama Career Expo, para jobseeker juga dapat menyimak sesi talkshow bersama narasumber yang merupakan akademisi dan praktisi di bidangnya masing-masing. Tema talkshow yang diangkat berkaitan satu sama lain dan ditujukan untuk memberikan motivasi, pengetahuan dan wawasan bagi jobseeker sebelum memasuki dunia kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement