Sabtu 11 Feb 2023 09:35 WIB

Dokter Kecantikan Ungkap Kunci Punya Anak dan Tetap Awet Muda

Nikmati masa lucu-lucunya anak, karena momen itu tidak akan kembali lagi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Fernan Rahadi
Awet Muda (ilustrasi)
Foto: VIOLET FASHION ART
Awet Muda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah benar bahwa tidak memiliki anak bisa membuat awet muda? Dokter Kecantikan sekaligus kreator konten, dr Nadia Alaydrus dokter memberikan tanggapannya terkait isu yang juga sedang viral tersebut. 

Menurut dokter Nadia, jawabannya bisa benar atau tidak. Dokter Nadia mengatakan itu sama kaitannya dengan level stres pada diri seseorang, seperti dengan stres kerjaan, cicilan, dan lainnya. Jadi, jika menginginkan hidup tidak punya beban, bisa-bisa saja. Tetapi apakah mungkin hal itu bisa benar-benar terjadi? 

"Tapi emang iya bisa gitu? Hidup tanpa stressor apa-apa? Atau tidak punya beban apa-apa? Kalau aku pribadi, aku tuh seneng lho kalau hidup aku ada stressor-nya, kalau flat-flat aja nih nggak stres kerjaan atau nggak stres masalah hidup, malah nggak enak," kata dokter Nadia melalui unggahannya di Instagram, dikutip Sabtu (11/2/2023).

Lalu, bagaimana caranya supaya stress war ini tetap ada, tetapi seseorang tetap bisa saja terlihat awet muda? Dokter Nadia melanjutkan jawabannya adalah satu, yakni manajemen stres. Jadi, itu bergantung bagaimana cara orang melakukan manajemen stres, supaya hari-hari mereka tetap lancar dan tidak burnout. 

Selain itu juga dapat melakukan perawatan. Tidak punya anak, tapi tidak perawatan, itu juga sama aja bisa membuat wajah lebih cepat tua. Sebaliknya, punya anak banyak dan rajin perawatan, justru bisa awet muda. 

Upaya itu dapat dikombinasi dengan menjaga gaya hidup sehat, seperti pola tidur, pola makan, rajin atau tidaknya memakai tabir surya. Kesemua itu berpengaruh terhadap wajah awet muda. 

Intinya, walaupun punya anak, tetap bergantung dari cara mengelola stres agar tetap pada level rendah. Caranya, bisa dengan berbagi tugas antara suami dan istri. Nikmati masa lucu-lucunya anak, karena momen itu tidak akan kembali lagi. 

Kemudian menikmati rasa cinta dan kasih sayang dari orang tua ke anak, karena itu rasa sayang yang sangat besar di dunia ini. Kalau rumah berantakan, anak teriak-teriak, itu juga adalah hal yang sangat normal.

"Mungkin selama ini karena melihatnya itu adalah anak orang lain, coba kalau anak sendiri, pasti tidak masalah. Karena dari situlah anak sedang belajar dan berkembang," ujar pemilik laman Youtube NadiaAlaydrus itu. Ketika usia orang tua semakin lanjut dan mudah stres, anak juga bisa menemani di masa tua. Jadi, sudah kah Anda mengelola stres dengan tepat?

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement