Ahad 12 Feb 2023 10:25 WIB

Operasional Tol Sayung-Demak Solusi Urai Kepadatan Arus Mudik Lebaran

Tol sepanjang 16,31 km tersebut sudah selesai pengerjaannya.

Sejumlah kendaraan golongan I melintas di ruas tol Semarang- Demak Seksi Sayung- Kadilangu.
Foto: Istimewa
Sejumlah kendaraan golongan I melintas di ruas tol Semarang- Demak Seksi Sayung- Kadilangu.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryonugroho mengatakan pengoperasian ruas tol Semarang-Demak Seksi II yang menghubungkan Sayung-Demak menjadi solusi mengurangi kepadatan lalu lintas saat arus mudik Lebaran 2023.

"Tol ini menjadi solusi mengurai kemacetan kendaraan dari Semarang menuju Demak dan Kudus," katanya. Menurut dia, tol sepanjang 16,31 km tersebut sudah selesai pengerjaannya dan sudah beroperasi.

Meski tak panjang, jalan tol ini akan berperan penting dalam mengurai kemacetan di pantura Semarang-Demak. Ia menjelaskan tol Semarang-Demak terbagi dalam dua seksi, yakni Seksi I untuk ruas Semarang hingga Sayung dan Seksi II untuk ruas Sayung hingga Demak.

Ruas Sayung-Demak sudah mulai dioperasikan untuk mendukung kelancaran lalu lintas saat liburan Natal dan Tahun Baru lalu. Agus menegaskan Polda Jateng telah siap menghadapi arus mudik Lebaran 2023.

 

"Sudah dilakukan survei jalur-jalur mudik, termasuk cara bertindak untuk jalur tol maupun nontol," katanya. Menurut dia, masih terdapat beberapa pekerjaan jembatan di jalur utama mudik yang diperkirakan saat menjelang Lebaran belum selesai.

Ia memperkirakan perbaikan Jembatan Pemali di Brebes yang kemungkinan belum selesai saat arus mudik. "Pada saat arus mudik pekerjaan akan dihentikan sementara dan disiapkan pola rekayasa lalu lintasnya," jelasnya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement