Ahad 12 Feb 2023 14:32 WIB

Sumpah Profesi Guru, Rektor UMS: Guru Profesional adalah yang Dirindukan

Sebanyak 1.578 mahasiswa PPG menerima sertifikat pendidik.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
 Simbolis pengukuhan 1.578 mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Solo (UMS).
Foto: Dokumen
Simbolis pengukuhan 1.578 mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Solo (UMS).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) mengukuhkan 1.578 mahasiswa PPG. Pada kesempatan ini, Rektor UMS  Sofyan Anif menyebutkan definisi dari guru profesional itu sangat sederhana.

Yaitu guru yang dirindukan oleh siswa-siswanya. "Guru profesional adalah guru sing dikangeni. Jadi nanti bapak-ibu bisa evaluasi opo aku wis dikangeni karo murid-muridku, kalau belum belum berarti belum profesional," kata Sofyan.

Ia menerangkan hal yang dirindukan oleh para peserta didik dapat dari beberapa hal. "Berupa cara mengajarnya, kepintarannya, atau materi yang disampaikan, dan kehadirannya," ujarnya.

Dekan FKIP UMS Sutama dalam sambutannya menyampaikan pesannya kepada para mahasiswa PPG agar bisa menjadi guru yang profesional.

 

"Harus selalu bertransformasi, selalu bergerak menjadi guru profesional untuk memajukan pendidikan Indonesia. Hasil jerih payah selama mengikuti PPG harus selalu terus menerus dilanjutkan dengan berkarya dan berkolaborasi," kata Sutama.

Kepala Prodi PPG FKIP UMS Siti Zuhriah Ariatmi juga menyampaikan harapannya agar para alumni PPG bisa mengabdikan diri dan bisa melanjutkan pendidikannya. Dia juga berharap para alumni ini bisa melanjutkan pendidikannya sehingga para peserta didik bisa mendapatkan pendidikan yang optimal dari para guru alumni PPG UMS.

"Sesudah para guru ini lulus pendidikan profesi, mereka benar-benar mengabdikan diri untuk pendidikan, nusa dan bangsa Indonesia, serta untuk kemanusiaan. Mereka harus bekerja secara profesional bisa mengambil keputuaan yang bijak dalam hal pendidikan," jelasnya.

Pada pengukuhan ini, sebanyak 1.578 mahasiswa PPG menerima sertifikat pendidik. Dengan rincian PPG dalam jabatan kategori satu tahun 2022 sebanyak 746, PPG dalam jabatan kategori dua tahun 2022 sebanyak 716, PPG dalam jabatan ex PLPG sebanyak 44, PPG prajabatan mandiri 2021 dan 2020 sebanyak 54, dan retaker PPG dalam jabatan 2018-2021 sebanyak 18.

Saat ini, Prodi PPG FKIP UMS sudah berakreditasi A. Di seluruh Indonesia, hanya enam perguruan tinggi yang berhasil mendapatkan predikat tersebut, termasuk PPG UMS.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement