Senin 13 Feb 2023 15:03 WIB

Ma'had Al-Imam Malik UMP-LIPIA Surabaya Kerja Sama Pengajaran Bahasa Arab

Training Of Trainer pengajaran bahasa Arab itu berlangsung selama dua hari.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Ma
Foto: Dokumen
Ma

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Ma'had Al Imam Malik Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus mengembangkan peningkatan kualitas bahasa Arab, dengan menyelenggarakan Training Of Trainer Pengajaran Bahasa Arab bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Bahasa Arab (LIPIA) Cabang Surabaya.

Kegiatan yang berlangsung di kampus LIPIA pada Kamis-Jumat (9-10/02/2023) di Jalan Diponegoro Surabaya Jawa Timur lalu bertajuk Tadrib Thuruq Tadris Muqorror Silsilatut Ta'lim Al-Lughah Al-Arabiyah, fokus pada Metode Pengajaran Kitab Silsilah yang menjadi kurikulum di Ma'had Al- Imam Malik UMP.

Mudir LIPIA Surabaya, Fahd bin Ahmad Ad-Durais, mengaku senang dan bangga atas kehadiran dari Ma'had Al Imam Malik UMP. “Kita bersama-sama melayani bahasa Arab, bahasa Alquran, selamat datang di LIPIA Surabaya, Kitab Silsilah telah ditulis lebih dari 40 tahun didesain untuk orang-orang non Arab," kata Mudir LIPIA Surabaya, Fahd bin Ahmad Ad-Durais, Senin (13/2/23).

TOT yang berlangsung selama dua hari tersebut, menuntaskan metode pengajaran beberapa mata kuliah, di antaranya Fahmul Ma'qru', At-Ta'bir, Al-Adab, Al-Balaghah, An-Nahwu, Ash-Shorf, Al-Hadits, Al-Fiqih, dan At-Tafsir.

 

Materi disampaikan langsung oleh para pengajar LIPIA Surabaya, antara lain Muhammad bin Hasan As-Sabithi, Musa bin Hasan Al-Hazimi, Ahmad bin Abdul Aziz Al-Ubaid, dan Wafi Marzuki.

Sementara itu, Direktur Ma'had Al Imam Malik, Muhammad Asdi Nurkholis, mewakili rombongan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mudir LIPIA dan para pemateri atas waktu dan ilmu yang telah diberikan.

"Kami mengucapkan jazakumullah khairan atas pelayanan yang telah diberikan baik berupa waktu, tempat dan ilmu, semoga TOT ini akan membawa keberkahan bagi Ma'had kami,” ujar Asdi. Pada sesi terakhir, Asdi memberikan cinderamata kepada Mudir LIPIA Surabaya dilanjutkan foto bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement