Rabu 22 Feb 2023 20:40 WIB

PT PAL dan Perusahaan UEA Jalin Kerja Sama Proyek Kapal LPD

Saat ini PT PAL memasuki pasar global dengan beberapa negara tujuan ekspor.

PT PAL mengikuti pameran  International Defence Exhibition & Conference (IDEX) 2023 di Abu Dhabi, UEA.
Foto: Dokumen
PT PAL mengikuti pameran International Defence Exhibition & Conference (IDEX) 2023 di Abu Dhabi, UEA.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA - PT PAL Indonesia menandatangani perjanjian kerja sama dengan perusahaan lokal Uni Emirate Arab (UEA) Marakeb Technologies LLC bidang sistem persenjataan untuk proyek Kapal Landing Platform Dock (LPD). Penandatangana kerja sama dilakukan saat pameran International Defence Exhibition & Conference (IDEX) 2023.

CEO PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod mengatakan, kerja sama bilateral tersebut dapat terwujud karena adanya hubungan diplomasi yang terjalin sangat baik antara Indonesia dengan UEA. "Kerja sama ini menjadi titik awal kerja sama pengembangan alutsista dengan Uni Emirat Arab," katanya, Rabu (22/2/2023).

Menurut dia, kerja sama tersebut tidak hanya berfokus pada combat management system and integration, tetapi memberikan ruang bagi kedua belah pihak, khususnya PT PAL, untuk mengembangkan desain, dan pengembangan underwater vechicles serta submarines, unmanned surface vehicle.

"Melalui kerja sama ini akan membuka jalan bagi kerja sama di masa depan antara kedua negara maupun dengan negara sahabat lainnya," ujar dia.

Tak hanya itu, lanjutnya, peran PT PAL dalam pemenuhan alutsista global telah dibuktikan dengan suksesnya pembangunan kapal jenis Landing Platform Dock untuk Philippines Navy yang lebih dikenal dengan Strategic Sealift Vessel (SSV) pada 2016 dan 2017.

"Pada 2022, DND Philippines kembali memberikan kepercayaan kepada PT PAL untuk membangun kapal jenis yang sama untuk memperkuat alutsista dalam negeri Filipina," ungkapnya.

Sebelumnya, PT PAL Indonesia mengikuti pameran IDEX 2023 untuk kali pertama yang diadakan di Abu Dhabi National Exhibition Center (ADNEC), UEA pada 20-24 Februari 2023. Chief Marketing Officer PT PAL Indonesia Willgo Zainar, mengatakan hal tersebut memperkuat komitmen pihaknya untuk menjadi industri pertahanan global.

"PT PAL merupakan salah satu perusahaan industri pertahanan laut terbesar di Indonesia, dan saat ini memasuki pasar global dengan beberapa negara tujuan ekspor seperti negara-negara di kawasan Asia Tenggara hingga Timur Tengah," tegas Willgo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement