Sabtu 25 Feb 2023 10:19 WIB

Dirut PT Pelindo Terjun Langsung Kenalkan Pelindo di SMA 1 Solo

Masih banyak generasi muda yang belum mengetahui dunia pelabuhan.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
 Kegiatan sosialisasi PT Pelindo di SMA N 1 Kota Solo.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Kegiatan sosialisasi PT Pelindo di SMA N 1 Kota Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Dalam upaya mengenalkan Pelindo pada para siswa, Dirut PT Pelindo Terminal Petikemas M Adji turut serta dalam kegiatan belajar mengajar langsung di SMAN 1 Solo, Jawa Tengah. Adapun tema utama yang diajarkan adalah bagaimana kinerja BUMN selama ini, dan Pelindo khususnya.

Menurut Adji, ternyata banyak siswa yang tertarik akan hal itu. Bahkan ketika sesi tanya jawab, ia mengaku banyak siswa yang antusias menanyakan berbagai hal kepadanya.

Dijelaskan, program Pelindo Mengajar tidak hanya dilaksanakan di Solo, namun juga di daerah lain di Indonesia. Jajaran direksi dan pimpinan kepala PT Pelindo turun ke sekolah-sekolah tingkat SMA atau SMK untuk memberikan wawasan kepada para siswa.

"Kita punya tanggung jawab sosial, salah satunya di bidang pendidikan. Kita ingin apalagi momentum bahwa Pelindo yang tadinya ada empat Pelindo sekarang sudah dimerger menjadi satu. Nah itu kita butuh sosialisasi apa sih sebenarnya Pelindo itu," katanya.

Menurut Adji, sampai saat ini masih banyak generasi muda yang belum mengetahui dunia pelabuhan. Terutama di daerah yang jauh dengan pelabuhan salah satunya Kota Solo.

"Saya merasa kalau kita di Semarang, Surabaya, Jakarta, atau Makassar, orang sudah familiar dengan itu. Tapi kalau saya merasa orang-orang yang ada di pedalaman, terus di Solo, Magelang, Yogya dan sebagainya itu masih perlu untuk menyosialisasikan," ujar dia.

Kepala Sekolah SMAN 1 Solo, Yusmar Setyobudi berharap, melalui Pelindo Mengajar, para siswa mendapatkan wawasan lebih luas terutama tentang kepelabuhan. Ia juga berharap para siswa bisa mengikuti jejak Adji karena dirinya juga salah satu alumni SMA ini.

"Selama ini gambaran Pelindo pada anak-anak tahunya kalau soal kelautan itu ya Pelni, bukan Pelindo. Apa yang dilakukan kali ini menginspirasi dan memotivasi anak-anak ke depan," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement