Ahad 26 Feb 2023 21:43 WIB

Bawaslu se-DIY Deklarasi Pengawasan Bersama Pemilu 2024

Diharapkan muncul kesadaran masyarakat untuk ikut terlibat pengawasan tahapan pemilu.

Ilustrasi Pemilu
Foto: republika/mgrol100
Ilustrasi Pemilu

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) se-Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Deklarasi Pengawasan Bersama Pemilu Serentak Tahun 2024 di Stadion Sultan Agung Kabupaten Bantul, DIY, guna mengajak seluruh elemen masyarakat turut serta melakukan pengawasan tahapan pemilu.

"Selain itu deklarasi pengawasan bersama tersebut dalam rangka mengoptimalkan pengawasan partisipatif dari berbagai aspek," kata Ketua Bawaslu Bantul Harlina dalam pernyataan pers usai Deklarasi di Bantul, Ahad (26/2/2023).

Menurut dia, pengawasan bersama oleh jajaran Bawaslu dan elemen masyarakat pada Pemilu 2024 merupakan ikhtiar sebagai upaya menjaga demokrasi yang berkualitas dan bermartabat, sehingga pemilu nanti bisa terlaksana dengan luber (langsung, umum, bebas dan rahasia) dan jurdil (jujur dan adil).

Dia mengatakan, deklarasi pengawasan bersama ini juga merupakan suatu puncak momentum tindak lanjut satu tahun menjelang Pemilu 2024, di mana pada 14 Februari 2023 sesuai dengan Instruksi Bawaslu RI maka Bawaslu Bantul telah melakukan "Aksi Siaga Kampanye Pengawasan Bersama".

 

"Aksi siaga kampanye pengawasan juga dilakukan secara serentak sampai di tingkat panwaslu (panitia pengawas pemilu) kecamatan dan panwasludesa se-Kabupaten Bantul," katanya.

Dia juga mengatakan, Bawaslu Kabupaten Bantul beberapa waktu lalu juga melakukan sosialisasi terkait "Jarimu Awasi Pemilu" yang merupakan komunitas digital pengawasan partisipatif dengan berfokus peran masyarakat pada pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Khususnya pertukaran informasi pengawasan Pemilu secara digital serta sosialisasi posko kawal hak pilih," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, Bawaslu Kabupaten Bantul juga akan memberikan edukasi atau pemahaman kepada masyarakat tentang pengawasan pemilu.

"Sehingga akan tumbuh kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk ikut terlibat dalam pengawasan tahapan pemilu demi menjaga kualitas dan integritas penyelenggaraan Pemilu 2024 di Bantul," katanya.

Kegiatan Deklarasi Pengawasan Bersama Pemilu Serentak Tahun 2024 yang dihadiri seluruh jajaran Bawaslu se-DIY, Forkopimda Bantul, KPU Bantul, Camat, Lurah Desa APU (Antipolitik Uang) pimpinan ormas, serta masyarakat umum tersebut dimulai dengan senam bersama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement