Senin 27 Feb 2023 09:05 WIB

Hari Ini, Mentan Awali Panen Raya Padi Kabupaten Semarang

Luas lahan tanaman padi yang akan panen mencapai sekitar 700-an hektare.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
 Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL)
Foto: Kementan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL)

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), dijadwalkan bakal mengawali panen raya padi, di wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah,  Senin (27/2/2023).

Guna menandai masa panen raya padi di Kabupaten Semarang ini, Menteri SYL bakal melakukan panen padi di areal persawahan yang berada di wilayah Kecamatan Bancak.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Biro Humas Kementerian Pertanian (Kementan), Menteri SYL bakal melakukan panen padi Dusun Krasak, Desa Boto. Lokasi panen Mentan berada di areal persawahan Kelompok Tani Pangudi Tani, Dusun Krasak, Desa Boto, Kecamatan Bancak.

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan (Dispertanikap) Kabupaten Semarang, Wigati Sunu, membenarkan para petani di daerahnya bakal segera melakukan panen raya 2023.

Pada periode 5 hingga 10 Maret 2023 nanti, jelasnya, luas lahan tanaman padi yang akan melakukan panen (total) mencapai sekitar 700-an hektare yang tersebar di 18 wilayah kecamatan.

"Dari luasan panen tersebut, prediksi produktivitas (provitas) padi pada periode panen 5 hingga 10 Maret 2023 bakal mencapai sebanyak 4.876,2 ton," katanya, di Ungaran, Kabupaten Semarang.

Pada periode panen ini, lanjutnya, Kecamatan Susukan dan Kecamatan Suruh mencatatkan sebagai kecamatan dengan luasan lahan panen terbanyak.

Di mana luasan panen padi mencapai 120 hektare, dengan prediksi provitas hasil panen total (dari dua kecamatan ini) mencapai sebanyak 1.740 ton.

"Dengan kata lain, sekitar 28 persen dari jumlah total provitas panen padi pada periode 5 - 10 Maret 2023, disumbang oleh Kecamatan Susukan dan Kecamatan Suruh," ujar dia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement