Senin 27 Feb 2023 10:42 WIB

PMI DIY Serahkan Bantuan Tahap 2 Korban Gempa Cianjur

Bantuan diwujudkan dalam bentuk rehabilitasi bangunan sekolah dan lainnya.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Kantor PMI DIY.
Foto: Yusuf Assidiq
Kantor PMI DIY.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ketua Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY), GBPH Prabukusumo, menyerahkan bantuan tahap 2 untuk membantu masyarakat terdampak bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Kamis (23/2). Bantuan diberikan kepada PAUD Tutwurihandayani yang berlokasi di Desa Benjot, Cugenang.

Bantuan diwujudkan dalam bentuk rehabilitasi bangunan sekolah di antaranya pembangunan kamar mandi, ruang guru dan alat peraga pendidikan, serta peralatan sekolah. "Donasi masyarakat DIY dan juga luar kota yang disalurkan melalui PMI DIY mencapai Rp 451.780.524. Bantuan tersebut kami wujudkan dalam bentuk rehabilitasi bangunan sekolah, tempat ibadah, pembuatan sumur bor, dan juga uang tunai," kata Prabu.

Selain sekolah, bantuan penyediaan air bersih juga dilakukan PMI DIY. Pengeboran sumur dilakukan di dua titik di Desa Talaga dan satu titik Desa Sukamanah.

Dilakukan juga renovasi tempat ibadah dan MCK Masjid Al-Barokah, Dusun Lebaksonggom, Desa Talaga. Kesemuanya ada di Kecamatan Cugenang. Sementara bantuan berupa uang tunai diberikan untuk membantu Pondok Pesantren Darul Falah, Desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang, Cianjur.

"Bantuan ini adalah amanah dari para donatur dari berbagai unsur masyarakat, korporasi, maupun swasta melalui PMI DIY untuk penyintas dampak gempa bumi Cianjur. Salah satunya donasi konsumen jaringan apotek K-24 di seluruh Indonesia. Saat ini sudah dalam proses pengerjaan dengan sistem swakelola. PMI DIY tetap akan memonitor setiap perkembangan pengerjaan agar segera dapat digunakan oleh masyarakat," katanya.

Prabu juga mengucapkan terima kasih dan memberikan aspresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan kepada PMI DIY dalam menyalurkan bantuannya. 

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi Jawa Barat, Irjen Pol (Purn), Adang Rochana, mengungkapkan terima kasihnya kepada masyarakat Yogyakarta dan PMI DIY yang telah memberikan bantuan untuk penyintas bencana gempa bumi di wilayah Cianjur.

Wakil Ketua PMI Kabupaten Cianjur, Frida Laila Yahya, juga menyampaikan terima kasihnya atas bantuan yang diberikan, saat menemui Ketua PMI DIY beserta rombongan di Kamp Pusat Pelayanan Operasi Gempa Cianjur, Jawa Barat.

Rombongan PMI DIY yang didampingi Pengurus PMI Provinsi Jawa Barat dan Pengurus PMI Cianjur berkesempatan langsung meninjau lokasi pengungsian sekaligus mendistribusikan bantuan.

Rombongan berkesempatan mengunjungi lokasi dan memberikan bantuan di beberapa titik di antaranya PAUD Tutwurihandayani Awilarang Desa Benjot, Masjid Al Barokah Lebaksonggom Desa Talaga, Pembuatan Sumur Bor Kabandungan Desa Talaga dan Warungseuseupan Desa Sukamanah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement