Jumat 03 Mar 2023 09:24 WIB

Tingkatkan Literasi Syariah, Prudential Syariah Jalin Kemitraan dengan UIN Imam Bonjol

Tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia dinilai masih rendah.

PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) menjalin kemitraan strategis dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol, Kota Padang.
Foto: dokpri
PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) menjalin kemitraan strategis dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol, Kota Padang.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol, Kota Padang,  menjalin kemitraan strategis dengna PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah). Kemitraan tersebut merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Prudential Syariah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi syariah melalui peningkatan literasi dan inklusi asuransi jiwa syariah, khususnya di kalangan generasi muda. 

Kemitraan Prudential Syariah dan UIN Imam Bonjol mencakup sejumlah program yang fokus untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dan dosen terhadap konsep asuransi jiwa syariah, termasuk manajemen risiko asuransi jiwa syariah.

Presiden Direktur Prudential Syariah, Omar S Anwar, mengatakan, untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik, generasi muda perlu memiliki pemahaman tentang pentingnya asuransi jiwa syariah dengan diiringi kemampuan pengelolaan finansial yang bijak. 

"Sejalan dengan POJK Nomor 76/POJK.07/2016, kami berkomitmen untuk mendukung realisasi hal tersebut melalui berbagai kegiatan literasi dan inklusi asuransi jiwa Syariah bagi generasi muda, termasuk melalui kerja sama dengan lembaga pendidikan seperti UIN Imam Bonjol Padang," ujarnya di Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat, Kamis (2/3/2023).

Indonesia berada pada posisi strategis dalam perekonomian syariah global karena market size industri halalnya begitu signifikan dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia (87 persen dari total populasi). Meskipun demikian, tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia masih sangat rendah. 

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan OJK di akhir 2022 mencatat tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah masing-masing hanya 9,14 persen dan 12,12 persen. Oleh karena itu, sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa syariah, Prudential Syariah berkomitmen untuk memanfaatkan peluang secara optimal, termasuk melalui peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah.

Rektor UIN  Imam Bonjol, Prof Martin Kustati, menyambut baik kemitraan dengan Prudential Syariah. Dia menilai, Provinsi Sumatra Barat memiliki potensi keuangan syariah yang sangat besar dengan didukung oleh komitmen kuat Pemerintah Provinsi Sumatra Barat. 

"Kemitraan dengan Prudential Syariah sangat strategis bagi UIN Imam Bonjol untuk meningkatkan kesadaran pentingnya keuangan Syariah bagi mahasiswa, sekaligus mendukung upaya pemerintah daerah untuk menjadikan Provinsi Sumatra Barat sebagai pusat industri halal nasional pada 2024," kata Martin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement