Sabtu 04 Mar 2023 12:56 WIB

PMI Beri Pemulihan Trauma Pengungsi Anak Korban Kebakaran Depo Plumpang

Alat peraga permainan interaktif disiapkan untuk menghilangkan kegelisahan anak.

Keluarga korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang di RSUD Koja, Jakarta, Sabtu (4/3/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Keluarga korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang di RSUD Koja, Jakarta, Sabtu (4/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Palang Merah Indonesia (PMI) menyalurkan bantuan kemanusiaan dan pemulihan trauma kepada pengungsi korban kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Koja, di Markas PMI Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023) pagi.

"Kami mulai sekitar pukul 10.00 WIB untuk pemulihan trauma anak-anak. Kami siapkan alat peraga untuk permainan interaktif supaya menghilangkan kegelisahan anak-anak," ujar Ketua PMI Jakarta Utara Rijal kepada wartawan di Jakarta Utara.

Untuk bantuan kemanusiaan, kata Rijal, pihaknya sudah mendata jumlah anak-anak dan balita yang sebelumnya dinyatakan hilang yang saat ini sudah ditemukan keluarganya.

Data pukul 04.17 WIB, jumlah pengungsi di area Markas PMI Jakarta Utara sebanyak 87 Kepala Keluarga (KK) atau 332 jiwa yang terdiri dari dewasa 163 jiwa, anak-anak 108 jiwa, lansia 23 jiwa dan balita 38 jiwa.

 

Rizal berharap dengan bantuan kemanusiaan dan pemulihan trauma, anak-anak bisa kembali ceria dan kepada pengungsi dewasa bisa sedikit mengurangi dampak psikologis kebakaran yang melanda lingkungan mereka.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement